twitter  
Profil  

Kamis, 10 Juni 2021 | 14:06 wib
Kenapa Diam Sih Mendapat Pelecehan Seksual? Karena Ada yang Namanya Tonic Immobility
 

Ketika bersinggungan langsung dengan keadaan mencekam, kita mengenal dua respons yang umum, yaitu melawan atau pergi. Tapi ada lho teman She beberapa orang dan beberapa kondisi, respons dalam menghadapi situasi mencekam seperti pelecehan seksual adalah diam membeku atau dikenal dengan tonic immobility. 

Tonic immobility adalah respons biologis tubuh terhadap situasi bahaya yang tidak terhindarkan dengan cara tidak bergerak. Syok yang dialaminya membuat korban mengalami kelumpuhan sementara (diam) sehingga dia tidak berdaya merespons kondisi bahaya seperti pelecehan seksual. Jangankan lari atau menepis pelaku, mau teriak saja suara tidak keluar.  

Respons inilah yang harus kita pahami teman She, karena masih banyak yang beranggapan bahwa ketika seseorang dalam keadaan mencekam, dilecehkan misalnya, tetapi korban diam saja lalu diartikan korban senang-senang saja diperlakukan begitu, perlu dikaji ulang karena diam di satu situasi belum tentu berarti setuju. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.