twitter  
Profil  

Senin, 21 Juni 2021 | 11:46 wib
Royal Orchestra dan Gendhing Soran Keraton Jogja Resmi Diperkenalkan Pada Momentum Hari Musik Sedunia
 

Andaikata tidak dalam pandemi teman She, di Prancis khususnya akan ada banyak acara untuk merayakan hari musik sedunia 21 Juni karena memang disanalah perayaan itu pertama kali ada di tahun 1982. Namun, adaptasi dan semua serba online membuat acara-acara itu dikemas berbeda. 

Kemasan yang berbeda pun dipilih Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo Keraton Yogyakarta dimana meluncurkan Royal Orchestra untuk memperingati hari musik sedunia, Tidak hanya itu, KHP Kridhomardowo juga merilis album musik berjudul Gendhing Soran Volume 1 di Kagungan Dalem Bangsal Pagelaran Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kedua peluncuran bidang kesenian tersebut bertujuan untuk menghormati musisi di Indonesia dan seluruh dunia.

KHP Kridhomardowo menampilkan sebanyak lima buah repertoar musik klasik dengan formasi orkestra lengkap. Lima repertoar tersebut adalah The Barber of Seville - Overture (Gioacchino Rossini, 1792-1868); Carmen Suite No. 1 - No. 2 Intermezzo - Prelude to Act III (Georges Bizet); Aida - An Opera In Four Acts (Verdi); An der schonen blauen Donau (Johann Straus, op.314); dan Hungarian Dance No. 5 (Johannes Brahms).

Sedangkan untuk album Gendhing Soran, akan ada 11 gending yaitu Gendhing Aji Saka, Gendhing Babar Layar, Gendhing Babat, Gendhing Bangun Sore, Gendhing Kagok Liwung, Gendhing Mara Seba, Gendhing Nawa, Gendhing Panji Pengasih, Gendhing Tri Tunggal, Gendhing Udan Mas, dan Gendhing Wulan Karahinan. Album tersebut akan hadir pada platform digital seperti Spotify, iTunes, dan juga kanal Youtube Kraton Jogja.

Pementasan perdana digelar secara tertutup pada Senin, 21 Juni 2021 pukul 19.00 WIB dan hanya akan dihadiri oleh Sri Sultan HB X dan beberapa tamu undangan saja. Kita dapat menyaksikan pementasan ini melalui kanal Youtube Kraton Jogja, yang juga akan di-relay oleh kanal Youtube TasteofJogja Dinas Kebudayaan DIY.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.