twitter  
Profil  

Jumat, 02 Juli 2021 | 10:52 wib
Influencer di Korea Selatan Kini Adalah Nenek Milenial
 

Generasi tua kehilangan tajinya? Kata siapa? Justru kini di Korea Selatan teman She, wanita yang lebih tua bahkan lanjut usia cenderung menjadi influencer, bintang dan sorotan utama dalam iklan serta serial TV. Mereka bahkan dijuluki sebagai nenek milenial.

Adalah Youn Yuh-Jung pemenang piala Oscar serta pemain film Minari yang sudah berusia 74 tahun menjadi pelopor dalam kemunculan wanita lansia sebagai influencer kenamaan Korea. Dia sendiri belum lama ini dipercaya sebagai bintang iklan bir Oriental Brewery dan aplikasi belanja Zig Zag dalam dua iklan terbaru.

Dampak kemenangan Youn Yuh-jung di ajang penghargaan Oscar awal tahun ini pun menginspirasi serial hiburan "Wassup K-Grandma” yang diproduseri oleh Kim Sehee. Dia mengatakan anak muda Korea Selatan memiliki minat baru pada orang tua mereka, hingga melahirkan kata baru "harmaenial", perpaduan dari kata "halmoni," atau nenek, dan "milenial" yang artinya nenek milenial.

Perubahan trend ini juga dirasakan oleh nenek milenial lainnya teman She. Park Makrye seorang YouTuber Korea Selatan yang popular mengatakan sikap Korea Selatan terhadap gender dan usia telah berubah dengan cepat. Park sendiri yang usianya kini 74 tahun adalah salah satu bintang di dunia entertaint Korea Selatan yang memiliki lebih dari 1,32 juta pengikut untuk kanal Korea Grandma. 

Ternyata, tidak hanya Park Markye seorang yang menjadi nenek Youtuber karena ada juga Jang Myung-sook yang memberikan tips mode dan gaya hidup di salurannya "Milanonna", lalu ada seorang nonagenarian yang dikenal sebagai Nenek "Gganzi" melakukan rap serta berbagi cerita pribadi tentang hidup melalui penjajahan Jepang dan seorang YouTuber berusia 76 tahun yang memamerkan 'kehidupan lajangnya' lewat akun G-gourmet.

Sebelumnya, menurut laporan AP, wanita yang lebih tua tidak lagi menonjol di dunia hiburan Korea Selatan karena industri tersebut berpegang pada peran wanita tradisional yang konservatif dan menjadikan mereka sebagai ibu yang berbakti.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.