twitter  
Profil  

Rabu, 28 Juli 2021 | 10:36 wib
Layak Dicoba : Menulis Jurnal untuk Atasi Kecemasan
 

Terpikir menulis jurnal untuk mengurangi kecemasan teman She? Bisa jadi belum atau bahkan tidak, hanya saja untuk saat ini tidak ada ruginya mencoba segala hal baru untuk meminimalis kecemasan. Terlebih ketika kita stuck namun harus tetap menjaga kestabilan kesehatan baik fisik serta psikis. Gigi Hadid, mencoba menulis jurnal selama masa kehamilannya untuk atasi kecemasan. 

Dalam wawancara dengan Harper's Bazaar US, Gigi mengatakan bahwa dia menemukan aktivitas journaling sebagai titik baliknya, dimana dia menyimpan dua buku catatan ketika dia hamil yang terdiri dari : satu jurnal "baik" dan satu jurnal "buruk".

Tentang apa yang dia tulis dalam jurnalnya "buruk", Gigi mengatakan bahwa itu bukan pikiran negatif tentang siapa pun atau apa pun secara khusus melainkan ketakutan dan catatan yang kurang positif. Selain itu, Gigi juga mengatakan bahwa dia adalah penggemar terapi rutin dan menyalurkan dirinya ke proyek-proyek kreatif sebagai bentuk perawatan diri.

Terkait pilihan aktivitas itu, psikoterapis Lindsay George mengatakan bahwa salah satu manfaat utama journaling untuk kesehatan mental adalah membantu pengaturan emosi dengan mengelola stres dan kecemasan dengan lebih baik, mengurangi perasaan tertekan dan meningkatkan kesejahteraan. Journaling juga bisa menjadi alat yang efektif untuk perencanaan, melacak suasana hati atau pola perilaku apa pun, mengidentifikasi pemicu, dan menguraikan masalah rumit.

Lalu untuk kita yang tertarik bagaimana memulainya? Helen Colebrook, penulis Journal With Purpose dan Journal With Purpose Layout Ideas 101, menyarankan untuk masuk dengan sebuah rencana, kita dapat googling "journalling prompter questions" untuk sebagai langkah awal, dan memastikan kita menentukan waktu yang tepat dalam jadwal untuk menulis, dan di atas segalanya itu, jangan terburu-buru.




Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.