twitter  
Profil  

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:18 wib
Pentingnya Aplikasi PeduliLindungi
 

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan Pemerintah melalui kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), dan operator telekomunikasi. Aplikasi PeduliLindungi ini dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaran COVID-19.  Selain membantu pelacakan, aplikasi PeduliLindungi juga bermanfaat untuk pendaftaran vaksin online, pemeriksaan kesehatan online menggunakan layanan Teledokter, mengunduh sertifikat vaksin online, serta check in dan check out dengan scan QR Code untuk beraktivitas di beberapa tempat umum, fitur E-Hac, Informasi Zona Risiko, Paspor Digital, dan fitur lain. Beragam fitur ini berperan penting dalam mendukung upaya pemerintah melaksanakan pengamatan kesehatan dan memfasilitasi tatanan kehidupan baru. 

Aplikasi PeduliLindungi memang mengharuskan penggunanya untuk membagikan data lokasi mereka saat bepergian. Hal ini perlu dilakukan karena aplikasi PeduliLindungi mengandalkan kepedulian masyarakat untuk saling melindungi. Tujuannya tentu agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Aplikasi PeduliLindungi terhubung dan terintegrasi dengan sistem dan basis data Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Melalui fitur pindai QR Code, aplikasi ini juga akan bisa melacak data masyarakat yang sudah tervaksinasi dan menampilkan hasil Testing (Tes PCR atau Swab Antigen).  Aplikasi ini aman dan dikembangkan oleh anak bangsa sendiri dan kini, masyarakat sudah dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi secara gratis di Play Store dan App Store.

Penggunaan aplikasi ini menjadi salah satu roadmap hidup bersama Covid19 yang dirancang Pemerintah, yang mana roadmap difungsikan untuk mengatur agar aktivitas masyarakat selama pandemi tetap aman, terutama pada enam jenis aktivitas utama. Keenam aktivitas utama ini adalah perdagangan modern dan tradisional, kantor atau kawasan industri, transportasi darat, laut dan udara, pariwisata, keagamaan, dan pendidikan.




Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.