twitter  
Profil  

Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:02 wib
Kerben, Buah Beri Asli dari Indonesia
 

Indonesia ternyata juga memiliki varian buah beri asli, yaitu buah kerben. Kerben banyak didapatkan di Desa Suko Pangkat, Kecamatan Gunung Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi. Namun menurut Koordinator Divisi Komunikasi dari Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Sukmareni, sebenarnya kerben tidak hanya bisa didapatkan di Jambi, melainkan juga di Lembang dan Bandung serta biasanya dipasarkan bersama dengan stroberi. 

Buah kerben tumbuh liar di kawasan pegunungan tanpa perlu perawatan khusus. Buah itu ditanam tepatnya pada ketinggian lebih dari 1.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Menariknya, buah ini tidak mengenal musim karena tanamannya bisa berbuah sepanjang tahun.

Wujud dari buah kerben sendiri seperti persilangan antara stroberi dan raspberry. Secara bentuk, buah kerben mirip stroberi, tapi warnanya yang merah menyala, membuat buah ini mirip rasberi. Hanya saja, teksturnya lebih lembut dibandingkan stroberi dan ukurannya juga lebih kecil. 

Buah beri sendiri adalah buah yang memiliki banyak kandungan gizi yang amat bermanfaat bagi tubuh. Selain memiliki kandungan senyawa-senyawa yang bermanfaat, kandungan seratnya yang tinggi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Beberapa contoh buah beri antara lain stroberi, bluberi, cranberry, rasberi, dan blackberry. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.