twitter  
Profil  

Kamis, 11 November 2021 | 12:20 wib
Film Penyalin Cahaya Jawara Umum Festival Film Indonesia 2021
 

Film Penyalin Cahaya berhasil menjadi Film Cerita Panjang Terbaik dalam Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2021, 10 November 2021. Film ini mengalahkan Ali & Ratu Ratu Queens, Bidadari Mencari Sayap, Cinta Bete, Paranoia, Preman dan Yuni.  Penyalin Cahaya juga menjadi jawara umum dari Festival Film Indonesia (FFI) 2021 dengan mengumpulkan 12 Piala Citra dari 17 nominasi yang diterima, diantaranya Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, dan Aktor Terbaik.

Penyalin Cahaya berkisah tentang karakter Sur yang kehilangan beasiswanya karena dianggap mencemarkan nama baik fakultas setelah swafoto dirinya saat mabuk tersebar. Sur tidak mengingat apa pun yang terjadi kala foto tersebut diambil saat pesta komunitas teater, pun dalam pesta tersebut, Sur tidak sadar. Sur kemudian meminta bantuan teman masa kecilnya, Amin yang merupakan tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus. Keduanya bekerja sama mencari tahu kejadian yang sesungguhnya terjadi di balik foto tersebut.

Sang sutradara Wregas Bhanuteja mendedikasikan film Penyalin Cahaya sebagai media untuk menyuarakan isu kekerasan seksual yang selama ini ditutup-tutupi banyak masyarakat Indonesia. Menurutnya film adalah media komunikasi yang paling efisien untuk menyuarakan sebuah kegelisahan yang sedang terjadi di masyarakat, termasuk isu kekerasan seksual yang menjadi tema dalam film Penyalin Cahaya.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.