twitter  
Profil  

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:43 wib
Gebyar Batik Pamekasan 2021 Lir Sa Alir Siap Digelar
 

Kabupaten Pamekasan memiliki batik dengan motif dan warna yang menjadi ciri khasnya sehingga bisa dikenal oleh masyarakat luas. Dengan adanya motif dan warna yang khas ini, batik Pamekasan kemudian dibuat menjadi beberapa produk fashion yang salah satu diantara menjadi pakaian. Pakaiannya tidak hanya pakaian formal saja tetapi juga bisa dikemas menjadi produk fashion yang mampu mengikuti zaman.

Melihat potensi batik Pamekasan yang signifikan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan menyelenggarakan kegiatan Gebyar Batik Pamekasan untuk mempromosikan dan mengenalkan produk turunan batik dengan bekerja sama para designer muda berbakat dalam kegiatan fashion batik.

Gebyar Batik Pamekasan merupakan sebuah tema besar memperkenalkan batik tulis Pamekasan di luar kota Pamekasan, dengan kata lain  jemput bola. Pada tahun ini GBP membuat miniatur Pasar Batik Pamekasan / PASAR 17 AGUSTUS di lobby hotel Ketapang Indah selama 2 hari (5 – 6 November 2021), menjual batik dari 5 sentra batik Pamekasan seperti Toket, Podhek, Klampar dan lainnya. Untuk tema tahun ini, GBP memilih LIR SA ALIR, tema yang di ambil dari judul lagu daerah Pamekasan yang bermakna generasi muda yang terbuka serta saling support.
 
 
(Press conference Gebyar Batik Pamekasan, Jum'at 29 Oktober 2021)

Dengan demikian generasi pembatik dan designer Pamekasan siap untuk membawa batik Pamekasan menjadi gebyar di luar Pamekasan. Untuk menunjukkan kepada publik tentang keindahan batik tulis Pamekasan maka para designer muda berbakat dari Pamekasan (yang terdiri dari 5 designer) membuat karya fashion batik untuk diperagakan pada tanggal 6 nanti di pinggir pantai hotel Ketapang Indah. Ada Embran Nawawi menampilan konsep Neo Mekasan, Herdy Seset dengan dengan Mumubu (muslimah,muda,berbudaya), Bagoes dengan Husna, Lutfianto dengan tema Pemakesana Sunrise dan ada Pepeng Brianto dengan tema Up to Date. 

 
(Teaser karya yang akan tampil di Gebyar Batik Pamekasan Lir Sa Alir dari 5 designer)

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu mengenalkan produk-produk turunan batik dan batik Pamekasan itu sendiri sehingga lebih dikenal dan makin di cintai oleh semua kalangan di seluruh Indonesia. 

Batik merupakan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang ada dalam suatu daerah. Pelestarian akan budaya batik yang telah dikenal secara internasional harus makin digalakan sehingga tumbuh rasa cinta dan bangga akan hasil budaya dari daerah itu sendiri. Batik juga telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan dari budaya bangsa sehingga makin membuat kita untuk lebih cinta akan produk batik itu sendiri.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.