twitter  
Profil  

Jumat, 31 Desember 2021 | 12:15 wib
Ngobrol Bareng Yelly Lumentu: Pergerakan K-Wave Style Menuju Global Trend Leader dan Pilihan Koleksi Day and Night untuk Fashion Trend 2022
 

Tentunya membahas hal – hal berhubungan dengan K-Wave style seakan tidak pernah lekang dengan waktu, Fashion Notes sendiri sudah menggali beberapa topik di edisi – edisi sebelumnya. Pengaruh besar K-wave sudah semakin mendunia bisa dibuktikan dengan kesuksesan serial Netflix Squid Game dan penampilan perdana K-Pop Grup BTS di Louis Vuitton Men’s Fashion Show Fall Winter 2021.  

Kehadiran pandemi COVID-19 di tahun 2020 membuat industri fashion global sempat terhenti, berhibernasi dan hal ini mempengaruhi keberadaan tren fashion, fashion week bermusim dari Eropa dan Amerika. Tren fashion tahunan menjadi tidak lagi penting bahkan menurut Amy De Klerk, seorang kontributor Harper’s Bazaar UK di artikelnya “Pembeli tidak lagi begitu perduli dengan membeli suatu fashion piece hanya karena orang lain memakainya, atau karena pieces tersebut the latest it items, atau dalam upaya keinginan mereka untuk tampil keren dan visible, tapi alih – alih mereka malah menemukan jati dirinya sendiri dengan berinvestasi pada sebuah fashion piece karena memiliki suatu cerita, craftsmanship akan item tersebut dengan penyimpanan khusus di lemari mereka dimana hal – hal itu akan menjadi seperti sesuatu yang diselebrasikan”. Dari situasi terkini di industri fashion global, para luxury fashion brand, desainer mengupayakan kolaborasi dengan teknologi, industri kreatif lainnya, serta banyak menggandeng selebritas, tokoh berpengaruh dari Korea Selatan. Lantas bagaimana Korean pop culture atau kita sebut juga Hallyu ini bisa mendunia begitu cepatnya? Pada artikel Dani Gibson di The Drum bulan Oktober 2021 lalu “Hallyu to the world: the incredible rise of Korean culture” mengungkapkan bahwa dengan munculnya penguncian pandemi COVID-19, gelombang Hallyu semakin kuat dan lebih luas, bukan lagi suatu yang niche tapi menjadi mainstream. Karena orang – orang dalam kondisi lock-down mempunyai lebih banyak waktu untuk digital entertainment dan akses ke film, musik Korea Selatan. 

Untuk edisi akhir tahun ini, Fashion Notes berbincang dengan Yelly Lumentu, Co-Founder dan Creative Director Day and Night (Day and Night merupakan dua sisi dari satu hari yaitu ketika matahari terbit maka datanglah siang, ketika bulan muncul maka datanglah malam) brand RTW Indonesia yang sudah banyak dikenal oleh kalangan fashion people. Yelly akan berbagi opini tentang pengaruh K-Drama fashion trend sebagai K-Wave enthusiast dan beberapa recommended fashion pieces dari Day and Night untuk pilihan teman She di tahun 2022. 

Fashion Notes: Boleh diceritakan style dan karakter Day and Night yang mempunyai kaitan dengan Korean Fashion Style

Yelly Lumentu: Saat ini Korean style ada dimana-mana dari K-Drama maupun K-Popnya, jujur kami pun juga sangat terinspirasi dari K-Style ini yang terlihat lebih sleek dan fashionable. Kami katakan fashionable disini yaitu berani mengeksplorasi tren saat kini dari streetwear hypebeast sampai ke serious sleek style. 

 

Fashion Notes: Apa saja favorit K-Drama Yelly dan apakah dari serial tersebut memberikan inspirasi saat mendesain misal dari mood atau lokasinya?

Yelly Lumentu: Kalau dikatakan terinspirasi dari satu K-Drama tertentu mungkin tidak, karena saya memang penikmat K-Drama tapi untuk saat ini yang mungkin paling menginspirasi adalah Itaewon Class dan START – UP. 

 

Fashion Notes: Menurut Yelly apakah trend fashion global di Eropa dan Amerika bisa dipengaruhi Korean Fashion Trend?

Yelly Lumentu: Bisa banget karena saat ini sangat tren Korean style sekali buktinya saja global brand ambassador Louis Vuitton adalah BTS, Jung Ho-yeon (aktris serial Netflix Squid Game). 

 

Fashion Notes: Menurut pandangan Yelly sebagai fashion designer dan K-Wave enthusiast, hal – hal apa saja yang mempengaruhi pergerakan Korean Fashion Style beberapa tahun belakangan ini?

Yelly Lumentu: Jika digali banyak hal dari K-Pop dan K-Dramanya sendiri banyak perubahan positif dari sisi kolaborasi, genre sehingga Korean Fashion juga dipengaruhi oleh dua hal ini. 

 

Fashion Notes: Apa saja recommended fashion pieces dari Day and Night untuk menyambut fashion trend 2022?

Yelly Lumentu: Recommended items tetap jacket maupun suits yang bisa dipakai untuk formal atau smart casual wear. Kami juga baru saja merilis kolaborasi dengan Mattel Indonesia untuk koleksi Day and Night x Barbie LIMITLESS yang bisa untuk berbagai occasion. 

 

Tentang Janet Teowarang:

Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia di sektor Fashion dan Textile. Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award di Spanyol. 

Referensi Photo: 
1. Yelly Lumentu, dokumentasi pribadi 
2. Koleksi Day and Night x Barbie LIMITLESS: Barbie® Grey Barbara Coat. Dokumentasi Day and Night, Mattel Indonesia 
3. Koleksi Day and Night x Barbie LIMITLESS: Barbie® Pink Robert Jacket and Pants. Dokumentasi Day and Night, Mattel Indonesia 
4. Koleksi Day and Night x Barbie LIMITLESS: Barbie® Stripe Barbara Coat and Pants. Dokumentasi Day and Night, Mattel Indonesia 
5. Koleksi Day and Night: Grey Jacket with shorts. Dokumentasi Day and Night
6. Koleksi Day and Night: Black Jacket with Black Jeremiah Pants. Dokumentasi Day and Night

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.