twitter  
Profil  

Rabu, 01 September 2021 | 13:13 wib
Investasi dengan Modal Minim? Bisa!
 

Gaji kecil tidak lagi menjadi alasan untuk tidak berinvestasi, karena yang terpenting adalah niat untuk berinvestasi sedini mungkin secara bertanggung jawab. Apalagi kini ada banyak pilihan jenis investasi dengan modal awal minim, mulai dari Rp100.000 saja. Misalnya tabungan emas mikro, reksa dana, tabungan berjangka, hingga investasi patungan modal. 

Berikut beberapa tip berinvestasi dengan modal minim.

1. Tentukan tujuan
Sebelum memulai investasi, hal yang terutama adalah menentukan tujuan investasi yang Anda lakukan. Pastikan Anda memilih instrumen investasi yang tepat, agar apa yang menjadi tujuan Anda dapat tercapai. Tetapkan pula jangka waktu yang Anda inginkan, sehingga tujuan Anda lebih mudah untuk diukur.

2. Buat perencanaan
Selanjutnya, Anda perlu merancang perencanaan dalam pembagian pos-pos pengeluaran bulanan Anda. Jangan sampai uang untuk keperluan pokok, terpakai sebagai dana investasi, sehingga ini bisa membuat Anda tidak siap jika terjadi risiko dalam investasi Anda. Setelah tahu apa tujuannya dan berapa lama waktu yang Anda butuhkan, saatnya Anda membuat perencanaan. Hitung dengan baik berapa penghasilan tetap bulanan Anda, di luar dari upah lembur. Lalu, alokasikan dana tersebut sesuai dengan persentase yang sudah Anda tentukan.

3. Sisihkan di awal
Agar investasi Anda dapat berjalan lancar, Anda harus menyiapkan alokasi dana khusus untuk investasi. Jangan menunggu hingga sisa gaji bulanan untuk diinvestasikan. Itu artinya, Anda harus membiasakan diri untuk disiplin. Jangan mengurangi besaran tabungan atau investasi yang sudah Anda rencanakan. Namun, jangan pula menambah besaran investasi Anda ketika tidak ada penghasilan tambahan sehingga investasi malah mengganggu cash flow Anda.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.