twitter  
Profil  

Rabu, 03 Maret 2021 | 10:25 wib
Satu Tahun Pandemi Covid-19 : Ragam Aplikasi Atasi Covid-19
 

Apa yang hilang, apa yang tertunda, apa yang batal dan apa yang datang pada anda teman She di satu tahun kita bersama Pandemi Covid-19 ini? Banyak cerita pastinya dari banyak orang, banyak bidang begitu juga dengan upaya-upaya pencegahan pandemi termasuk adanya aplikasi atasi Covid-19. Teman She sudah pernah coba yang mana? Share di kolom komentar. 

1. PeduliLindungi

PeduliLindungi adalah aplikasi buatan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bisa diunduh lewat smartphone dan punya kemampuan mengawasi pasien positif corona (SARS-CoV-2) di Indonesia. Pengguna aplikasi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan. Aplikasi itu juga memiliki fitur Teledokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan. 

2. 10 Rumah Aman

Aplikasi 10 Rumah Aman adalah aplikasi buatan Kantor Staf Presiden (KSP) yang didukung oleh Kemenkominfo. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah masyarakat dapat memeriksakan kesehatan mereka secara mandiri.Fitur itu bertujuan agar masyarakat tidak terburu-buru ke rumah sakit saat Covid-19 sudah semakin meluas di Indonesia. Aplikasi itu juga diklaim berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI). Aplikasi itu juga menghadirkan toko daring yang menjual kebutuhan sehari-hari, aplikasi konsultasi kesehatan serta terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia, dan KlikDokter. 

3. Bersatu Lawan COVID-19

Bersatu Lawan COVID-19 adalah aplikassi buatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Lewat aplikasi itu, masyarakat diklaim dapat mengetahui kerentanan lokasi persebaran COVID-19 di sekitarnya. Selain masyarakat, aplikasi ini dapat digunakan oleh petugas kesehatan. Mereka dapat melihat perkembangan pasien, fitur pemeriksaan rapid diagnostic test atau RDT, dan data riwayat medis pasien.

4. SIRANAP RS

Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit Rujukan Covid-19 (SIRANAP RS) adalah aplikasi buatan Kemenkes agar masyarakat dapat mengetahui tingkat keterisian RS rujukan covid-19 di berbagai RS tanah air. Terdapat ratusan database RS di seluruh penjuru tanah air yang terdaftar dalam aplikasi itu. Kapasitas keterisian itu meliputi ICU tekanan negatif dengan ventilator, ICU tekanan negatif tanpa ventilator, isolasi tekanan negatif, dan isolasi tanpa tekanan negatif. Adapun selain pencarian berdasarkan provinsi dan kabupaten/kota. Pengguna juga dapat memilih fitur tombol berwarna oranye 'Cari Rumah Sakit Terdekat'.

5. DokterSafe

Aplikasi DokterSafe adalah hasil karya anak-anak muda Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Unair dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Aplikasi itu diklaim membantu melindungi para tenaga kesehatan dan dokter untuk memperoleh informasi, edukasi, hingga komunikasi yang lengkap dalam menghadapi Covid-19. DokterSafe memiliki sejumlah fitur pendukung seperti Self Assesment, yakni pengguna memasukkan data kondisinya saat itu, link-link penting, video berisi tata cara penggunaan dan pelepasan Alat Perlindungan Diri dan memiliki GPS yang akan membuat positioning dari penggunanya itu kepada rumah sakit rujukan Covid-19 yang paling dekat. 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.