twitter  
Profil  

Rabu, 16 Juni 2021 | 15:06 wib
Vaksin COVID-19 Aman Kaitannya Dengan Menstruasi?
 

Apakah aman jika kita menerima vaksin COVID-19 saat sedang menstruasi? Atau apakah vaksin COVID-19 nantinya akan mengganggu siklus menstruasi saya? Ternyata teman She, dibalik proses vaksinasi di Indonesia yang semakin bisa didapatkan banyak orang, muncul banyak juga pertanyaan-pertanyaan penyerta termasuk dua di atas khusus yang kaitannya dengan perempuan. Anda pernah bertanya juga?

Ini dia jawaban Dr. Vaishali Joshi, Senior Obstetrician & Gynecologist at Kokilaben Ambani Hospital, India tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut dan sekitarnya. 

Pada dasarnya Covid-19 tidak ikut memengaruhi siklus menstruasi perempuan. Infeksi virus yang terjadi di dalam tubuh (kecuali dalam kondisi yang kritis) biasanya tidak akan berdampak pada hormon tubuh. Vaksin COVID-19 tidak saling berhubungan serta memiliki dampak pada siklus menstruasi. Saat ini belum ada data pasti atau bukti valid yang menjelaskan bahwa vaksin dapat memengaruhi periode dan flow menstrusi seorang perempuan. Rumor dan klaim palsu yang sering kita temukan di media sosial biasanya tidak memiliki dasar sains dan penjelasan yang kuat. Di samping itu, badan kesehatan internasional dan berbagai organisasi kesehatan juga telah menjelaskan bahwa vaksin COVID-19 bersifat aman untuk semua dan tidak akan membawa pengaruh pada kesehatan reproduksi perempuan. Jadi itu artinya kita tidak perlu mengatur ulang jadwal vaksin berdasarkan periode menstruasi.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.