twitter  
Profil  

Sabtu, 26 Juni 2021 | 10:40 wib
Makin Lengkap dengan Masker Rangkap



Memakai masker rangkap menjadi langkah yang penting untuk diterapkan terutama di tengah kasus Covid yang kembali naik drastis dalam beberapa minggu ini. 

Para peneliti menemukan ketika seseorang yang terpapar covid-19 sedang batuk, sang lawan bicara yang menerapkan metode proteksi masker ganda mampu memblokir virus hingga 85,4 persen. Angka ini tergolong sangat tinggi ketimbang dengan orang yang hanya memakai masker kain yaitu berada di angka 51,4 persen dan masker medis saja dengan perolehan angka 56,1 persen.

Ada dua manfaat utama kalau kita menerapkan metode double masking :

1. Lebih pas melindungi
Agar dapat meminimalisir kemungkinan virus masuk ke masker melalui tepian atau celah masker, teknik memakai masker ganda menjadi krusial untuk membantu mencegah hal ini terjadi. Saat kita memakai dua masker, masker luar dapat memberikan tekanan lembut ke tepi masker dalam. Dan ketika menggunakan masker ganda, masker bagian dalam akan menjadi lebih pas dan “melekat” dengan kulit kita dan menciptakan “segel” yang lebih baik.

2. Meningkatkan filtrasi
Dengan menambahkan penggunaan masker menjadi dua rangkap, hal ini dapat lebih meningkatkan filtrasi. Ini terjadi karena penggunaan dua masker secara efektif akan menggandakan lapisan bahan yang harus dilalui oleh tetesan air liur (yang bisa keluar ketika orang berbicara, batuk, serta bersin) yang mengandung virus sebelum akhirnya mencapai wajah dan mulut.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita terapkan ketika memakai masker ganda, sesuai anjuran pemerintah dan WHO.

1. Gunakan kombinasi masker yang tepat 

Centers for Disease Control and Prevention atau CDC merekomendasikan untuk menggunakan masker medis (sekali pakai) di bawah masker kain (yang dapat dicuci dan digunakan kembali). 

Namun ada juga yang perlu selalu diingat yaitu hindari menggunakan kombinasi dua masker medis (masker medis di atas masker medis) dan masker KN95 dengan segala jenis masker lainnya (baik medis maupun kain), karena jika kombinasi masker kita tidak sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan oleh pemerintah, hal ini dapat membuat mungkin sulit bernafas dan menurunkan tingkat efisiensi dari daya kerja masker itu sendiri.

2. Coba terlebih dahulu di rumah sebelum benar-benar menggunakannya keluar rumah

Tentang kecocokannya
Pastikan masker bagian luar dapat membantu menekan masker bagian dalam agar sedekat mungkin dengan area wajah. Untuk mengetahuinya, taruh dan tekan tangan di atas masker dan rasakan apakah ada udara yang keluar dari tepi saat bernapas.
Pernapasan
Meskipun bernapas mungkin memerlukan sedikit usaha ekstra saat melakukan metode masker rangkap, namun jika menerpakan langkah yang benar, ini seharusnya tidak akan sampai membuat sulit bernapas.
Penglihatan
Pastikan masker ganda tidak menghalangi penglihatan. 

3. Cara mengikat simpul masker 3-ply

Kalau kita dapat merasakan udara keluar melalui sisi kanan dan kiri masker saat menarik dan menghembuskan napas, maka itu pertanda bahwa masker yang kita pakai tidak dapat melindungi wajah dengan pas. Untuk itu salah satu cara yang dapat lakukan adalah memperketat celah dari tali masker kita dengan cara mengikat tali masker sehingga sedekat mungkin dengan tepi masker, lalu selipkan di lipatan samping untuk meminimalkan celah yang ada.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.