twitter  
Profil  

Selasa, 21 September 2021 | 09:10 wib
Overlap Bekerja Faktor Kematian Nomor Satu di Dunia
 

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa waktu atau jam kerja yang berlebihan menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.  Penelitian yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Organisasi Buru Internasional (ILO) memperkirakan hampir dua juta orang per tahun meninggal karena penyakit dan cedera terkait pekerjaan. 

Studi yang dilakukan WHO dan ILO mempertimbangkan 19 faktor risiko pekerjaan, termasuk paparan jam kerja yang panjang, paparan polusi udara di tempat kerja, serta karsinogen dan kebisingan. Sebagian besar kematian atau sekitar 80 persen  disebabkan oleh penyakit tidak menular akibat kerja, sementara 20 persen sisanya disebabkan oleh kecelakaan kerja. Pekerja yang paling berisiko adalah laki-laki dan orang berusia di atas 54 tahun dimana sejumlah besar kematian terkait pekerjaan terjadi di Afrika, Asia Tenggara dan Pasifik Barat dari bidang ekonomi informal. 

Studi di atas menempatkan Korea Utara (Korut) sebagai negara dengan beban kematian terkait pekerjaan terbesar, rata-rata 79,5 kematian per 100.000 penduduk usia kerja 15 tahun ke atas lalu Indonesia dan Nepal, serta di urutan keempat dengan 43,7 kematian per 100.000 pekerja berasal dari Bangladesh dan India.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.