twitter  
Profil  

Jumat, 19 November 2021 | 08:19 wib
Bersiap untuk Mendapatkan Vaksinasi Booster di 2022
 

Pemerintah akan memulai program vaksin dosis ketiga atau booster bagi publik pada 2022, tapi wacana itu baru dieksekusi setelah kajian rampung, seperti yang disampain juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi, Kamis (18/11).

Wiku mengatakan salah satu kajiannya, yaitu data survei prevalensi antibodi yang dilakukan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. Survei tersebut bertujuan mengukur kekebalan masyarakat terhadap covid-19, yang mana hasil survei rencananya dirilis pada media Desember 2021. Survei ini akan memberi gambaran lengkap tentang kondisi antibodi masyarakat untuk menjadi dasar penyusunan kebijakan.

Lalu untuk skema jenis vaksin yang akan digunakan sebagai booster masih dikaji oleh lembaga penelitian bekerja sama dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). 

Saat ini, vaksinasi booster di Indonesia masih terbatas untuk tenaga kesehatan (nakes). Sebab, nakes dinilai berpotensi tinggi tertular virus korona. Di sisi lain, pemerintah memiliki fokus lain yaitu berupaya mencapai target vaksinasi dosis pertama sebanyak 70% dari target vaksinasi hingga akhir Desember 2021. 





Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.