twitter  
Profil  

Rabu, 22 Juni 2022 | 14:51 wib
Jangan Lupa Membersihkan Kuas Makeup Ya
 

Kebersihan peralatan makeup seperti kuas makeup dan sponge harus dijaga dengan baik demi kesehatan kulit wajah ya Bu. Untuk itu, makeup artist professional, Jenny Patinkin dan dokter kulit Hadley King menyarankan untuk membersihkan kuas make up setidaknya satu kali dalam seminggu. Tapi kalau digunakan setiap hari maka ada baiknya untuk dicuci secara rutin untuk menghindari perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi seperti jerawat dan mata merah.  Selain itu, kuas kotor juga bisa mempengaruhi hasil makeup kita. Dari situlah, penting membersihkan kuas makeup yang akan bersentuhan langsung dengan kulit wajah, dengan baik dan benar. Nah, kali ini yuk kita cari tahu langkah-langkah membersihkan kuas makeup. 

1. Basahi kuas
Hal pertama yang dilakukan adalah merendam kuas make up dalam semangkuk air hangat. Pastikan untuk menjaga pangkal sikat demi menghindari kerenggangan lem yang menyatu dengan kuas.

2. Gunakan sabun pilihan
Perhatikan sabun apa yang ingin digunakan untuk mencuci kuas, terutama hindari sabun pencuci piring yang mengandung sulfat. Disarankan menggunakan sabun alami yang terbuat dari minyak zaitun, sabun castile cair, dan cuka putih suling. Selanjutnya, jangan menggunakan sampo sembarangan yang bisa mengakibatkan iritasi bagi kulit sensitif. Jika ingin membersihkan kuas yang padat maka putarlah kuas make up di sekitar tempat sabun, bilas, lalu ulangi kembali sampai mendapatkan busa yang baik. Setelah mendapatkan busa yang banyak, lakukan pemijatan dengan lembut  hingga bekas-bekas makeup tidak terlihat lagi kemudian bilas. Ibu dapat meletakkan sikat di telapak tangan dan menggunakan jari untuk mencuci. Bilas sikat dan ulangi sampai Ibu berhenti melihat pigmen yang keluar dari bulu dan sikat bersih.

3. Rapihkan kembali bulu-bulu kuasnya
Saat mencuci kuas akan ada momen dimana bulu-bulu kuas berantakan, maka pastikan untuk merapikan kembali bulu-bulu kuas yang sudah dibersihkan untuk mengembalikan model kuas seperti semula.

4. Keringkan kuas
Proses terakhir adalah pengeringan yang dapat dilakukan dengan menggunakan handuk dan di tekan dengan lembut untuk mengeluarkan air yang berlebih. Setelah itu letakkan kuas makeup di meja. Jika ingin kuas cepat kering maka bisa dilakukan pencucian di malam hari sehingga kuas memiliki waktu untuk bisa kering.

(Tempo)

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.