twitter  
Profil  

Kamis, 09 Juni 2022 | 13:12 wib
Cari Tahu Penyebab Ketombe Alis dan Bagaimana Mengatasinya
 

Ketombe alis? Pernah mengetahuinya? Ternyata hal ini dapat terjadi pada siapa saja, tidak terpatok usia ataupun gender dan anda tidak perlu terlalu khawatir jika mengalaminya karena kondisi ini cukup umum.

Gejala utama ketombe alis, di antaranya adalah serpihan putih atau kuning pada kulit di bawah dan di sekitar alis, gatal pada dan sekitar alis, bercak merah dan iritasi, ruam hingga penampilan alis bersisik.   Lalu, apa penyebab alis berketombe? Dari onlymyhealth.com, rilisan Minggu (5/6), beberapa penyebab ketombe alis adalah : kulit kering, psoriasis, dermatitis seboroik, eksim atau dermatitis atopik.  

Kemudian bagaimana mengobatinya? Web MD menyebutkan beberapa pengobatan rumahan dapat membantu mengobati kasus ketombe alis yang ringan. Namun, bahkan dengan produk alami, reaksi kulit mungkin terjadi.  Untuk alasan ini, penting untuk menguji produk pada area kecil kulit sebelum mengaplikasikannya ke wajah.   Untuk kasus kulit kering yang ringan, minyak alami seperti minyak kelapa, alpukat, atau jojoba dapat membantu melembabkan wajah. Minyak pohon teh (tea tree oil) adalah minyak esensial yang tersedia secara luas. Faktanya, satu penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh memiliki sifat antijamur dan antioksidan yang kuat. Penting untuk mengencerkan minyak dalam wadah. Juga, berhati-hatilah saat menggunakan minyak pohon teh di dekat mata.   

Dari timesofindia.com, beberapa cara ini juga dapat dilakukan untuk mengatasi ketombe alis. 

1. Minyak almond
Memijat alis Anda dengan beberapa tetes minyak almond hangat akan membantu Anda menghilangkan ketombe.  Anda bisa melakukannya pada malam hari sebelum tidur.  Memijat dengan minyak almond bahkan dapat mencegah rambut alis rontok.  Ingatlah untuk mencuci muka keesokan paginya.   

2. Gel lidah buaya 
Gel lidah buaya adalah solusi yang sangat baik untuk semua jenis masalah kulit.  Oleskan gel lidah buaya murni pada alis Anda dan bilas dengan air hangat untuk menghilangkan alis yang terkelupas.   

3. Garam dapur
Garam merupakan obat alami yang efektif untuk mengatasi masalah ketombe pada alis. Ambil sejumput garam dapur dan gosok perlahan pada alis Anda.   

4. Minyak nimba 
Ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi, yang cukup efektif dalam semua jenis masalah kulit.  Oleskan sedikit minyak nimba pada alis Anda untuk menyingkirkan kulit mati dan serpihan ketombe.

(Media Indonesia)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.