twitter  
Profil  

Senin, 03 Januari 2022 | 12:17 wib
Prediksi yang Akan Meroket Pada Bidang Media Digital Tahun 2022
 

Dikutip dari Forbes (1/1), pendiri Vorhaus Advisors Mike Vorhaus, yang juga berpengalaman di bidang media digital dan gim, memberikan beberapa prediksinya untuk industri gim, televisi, serta media digital pada 2022. 

1. Banyak kesepakatan bisnis dengan valuasi besar
Seperti tahun lalu, prediksi pertama Vorhaus adalah kita akan terus melihat banyak kesepakatan bisnis dengan skala besar (dengan valuasi besar) di industri gim video. Tahun lalu banyak akuisisi perusahaan gim lebih dari $1 miliar (14 triliun lebih) dan berharap akan lebih banyak lagi tahun ini, serta peningkatan jumlah dana yang masuk ke perusahaan gim yang didukung ventura tahap awal.

2. Pencipta ekonomi berbasis konten kian tumbuh 
Seperti prediksinya pada 2021, para kreator yang menghasilkan uang dari berbagai hal mulai dari kerajinan tangan, gim, video, dan musik, akan tumbuh secara tinggi. Banyak perusahaan membayar sebagian pendapatan dari kreasi ini kepada ‘kreator’ - orang yang membuat item atau konten. Dan beberapa perusahaan menawarkan ‘dana pembuat konten’ di mana mereka dapat memberikan ‘hibah’ kepada pembuat untuk menghasilkan ‘aset’ mereka dan membagi pendapatan antara perusahaan (platform) dan pembuat. 

3. Disney+ dan Netflix merajai perang streaming 
Vorhaus melihat kecil kemungkinan penyedia layanan streaming seperti HBO/Warner Bros. atau Paramount+ atau layanan lainnya akan mendekati kesuksesan Disney dan Netflix. 

4. Connected TV semakin diminati 
Connected tv (smart TV dan cara lain untuk menghubungkan TV ke Internet) akan terus tumbuh secara pesat karena semakin banyak pemirsa akan mulai menggunakan berbagai ‘ekstra’ di CTV tidak hanya menonton layanan SVOD atau ‘siaran’ standar sinyal. Misalnya, salah satu area yang berkembang adalah gim gratis di CTV. 

5. NFT bukan iseng-iseng 
Begitu pula blockchain, atau cryptocurrency. Bagian dari ‘ekonomi baru’ ini nyata dan mendorong miliaran dolar transaksi di seluruh dunia. Orang suka mengumpulkan dan memperdagangkan barang, mungkin sejak zaman pendahulu manusia paling awal. NFT akan digunakan untuk mengidentifikasi dan memperdagangkan ‘objek’ atau barang virtual secara digital - yang dapat berupa item dalam gim - atau dapat berupa kepemilikan sebagian atas digital (atau objek dunia nyata) seperti karya seni. NFT membawa pengumpulan dan perdagangan ke ruang digital dan gim muncul sebagai salah satu aplikasi awal NFT utama di dunia digital.

6. Kebangkitan iklan audio 
Iklan dalam format audio, akan mengalami kebangkitannya kembali karena pertumbuhan podcast dan streaming langsung. Dalam ‘produk iklan’ yang mengingatkan kembali pada masa-masa awal radio, sebagian besar iklan audio yang ditemukan di layanan digital adalah iklan langsung yang disampaikan oleh podcaster dan/atau streamer (konten streaming langsung seperti permainan esports). Contoh bagus dari pendekatan yang berkembang ini adalah dari StreamElements di mana mereka menawarkan platform digital untuk pengiklan dan streaming langsung untuk mencocokkan. Iklan audio langsung adalah cara lain untuk menerobos kekacauan dan menjangkau konsumen menggunakan platform digital.

(Media Indonesia)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.