twitter  
Profil  

Senin, 27 Juni 2022 | 12:28 wib
Cara Mudah Menghilangkan Noda Berkarat di Pisau
 

Pisau dapur bisa dengan mudah berkarat kalau tidak dirawat dengan baik. Becky Rapinchuk, blogger di Clean Mama dan penulis Simply Clean menjelaskan, karat akan muncul pada pisau saat diletakkan di wastafel atau tidak langsung dikeringkan. Karena pisau biasanya sebagian besar terbuat dari baja, setiap kali pisau terkena air dan ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama, pisau mulai menimbulkan korosi. Meski tidak memengaruhi kesehatan, noda karat dapat memengaruhi kinerja pisau. Rapinchuk mengingatkan sebaiknya menghilangkan karat pada pisau dengan menggunakan produk pembersih yang aman. Sebab, pisau akan bersentuhan langsung dengan makanan yang kita potong. Hanya saja, alih-alih menggunakan bahan kimia, bagaimana kalau kita membersihkan pisau dengan bahan alami yang dia sarankan. 

Menggunakan Air Lemon 

Bahan yang aman untuk pisau berkarat adalah air lemon. "Air lemon adalah cara yang bagus untuk menghilangkan karat dari pisau dapur dengan aman," kata Rapinchuk.

Cara membersihkannya sangat mudah, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut : 

1. Potong lemon 
2. Gosokkan di sepanjang bilahnya 
Gosok bilah pisau dengan hati-hati dengan kain lembut atau spons sampai bintik-bintiknya hilang.  Jika Anda membutuhkan sedikit kekuatan pembersihan ekstra, celupkan lemon ke dalam garam dan gosok lagi. 
3. Cuci dengan sabun cuci piring 
Setelah noda karat hilang, cuci pisau dengan sabun cuci piring dan segera keringkan. 

Pencegahan pisau berkarat

Untuk mencegah noda karat pada pisau, maka : 

1. Selalu bersihkan pisau segera setelah digunakan. 
2. Untuk hasil terbaik, cuci pisau Anda dengan sabun cuci piring, lalu segera keringkan. 
3. Jangan merendam pisau Anda di wastafel atau membiarkannya terendam air.

Namun, perhatikan Bu, apabila pisau bengkok dan tidak dapat diperbaiki, tidak dapat diasah, atau jika karat tidak dapat dihilangkan bahkan setelah digosok dengan lemon dan digosok dengan kuat, inilah saatnya Anda menggantinya dengan yang baru.

(Media Indonesia) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
ARTIKELLAINNYA