twitter  
Profil  

Rabu, 13 Juli 2022 | 13:29 wib
Bawang Bombay dan Jenis Irisannya
 

Bawang bombay, salah satu jalan ninja masakan kita sedap ya Bu. Tapi ternyata tidak semua orang menggunakan bawang bombay mengingat harganya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan bawang merah ataupun bawang putih. Nah kali ini ngomongin bawang bombay Bu, karena kalau diperhatikan, bawang bombay selalu disajikan dengan cara yang unik, bahkan irisannya pun berbeda pada setiap masakan. Ada penjelasannya nggak ya kira-kira? 

1. Irisan memanjang
Jenis irisan memanjang pada bawang bombay mungkin sering kita temui pada masakan spageti maupun olahan ayam yang punya bumbu kental akan kecap dan mentega seperti ayam teriyaki. Bawang yang diris memanjang dipercaya bisa membuat cita rasa masakan lebih gurih dan mampu menyerap ke dalam masakan. Untuk mengiris bawang bombay secara memanjang, kita hanya perlu membelah bawang menjadi dua bagian dan iris layaknya bawang merah pada umumnya.

2. Irisan melingkar
Baik disajikan dalam masakan seperti tumisan dan salad maupun dijadikan makanan ringan seperti onion ring yang biasanya disajikan di berbagai cafe. Bukan hanya sebagai pelengkap, namun sebagai bahan utama yang bisa menambah kenikmatan masakan. Memotong bawang bombay dengan teknik melingkar memang tidak mudah. Ibu perlu mengirisnya berhati-hati di setiap lapisannya agar tidak terpotong.

3. Potong cincang
Potongan cincang dimaksudkan untuk menguatkan cita rasa masakan ketika dicampurkan pada adonan bahan utama. Potongan cincang ini bisa kita temukan pada martabak telur dan aneka isi kue maupun roti yang memiliki isi khusus. Saat ini sudah tersedia pemotong bawang bombay yang mampu mencincang tanpa harus mengiris sehingga lebih menghemat waktu ketika memasak.

4. Irisan dadu
Potongan dadu pada bawang bombay berguna untuk melengkapi bahan utama masakan. Potongan bawang bombay seperti ini sangat cocok untuk disajikan bersama bahan makanan yang serba direbus. Untuk mempermudah memotong dadu ketika memotong bawang bombay, belah dua bawang bombay kemudian iris dengan kadar ketebalan secukupnya dan iris secara vertikal dan horizontal secara bergantian.

(IDN Times) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.