twitter  
Profil  

Rabu, 23 Maret 2022 | 12:03 wib
Old But Gold, Dimana Ponsel Jadul Kembali Diminati
 

Dari bbc.com, Selasa, (22/3), berdasarkan data mesin pencarian Google, terjadi peningkatan kegiatan pencarian pada berbagai jenis ponsel lawas secara signifikan. Pada 2021, pencarian tentang ponsel jadul meningkat hingga 89% dibandingkan dengan tahun 2018. Sebuah perusahaan teknologi asal Inggris, Deloitte, mengungkapkan terjadi peningkatan penjualan ponsel jadul setidaknya sejak 2019. Jumlahnya bahkan semakin mendekati angka pembelian ponsel pintar. Menurut Deloitte, pada 2021 sebanyak 1 miliar unit ponsel jadul terjual di seluruh Negara, dimana jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2019 yang hanya mencapai 400 juta unit.

Sementara itu, di tahun 2021 jumlah total ponsel pintar yang terjual di dunia adalah sebanyak 1,4 miliar. Angka itu menurun sebesar 12,5% jika dibandingkan tahun sebelumnya. 

Menurut pakar teknologi dan gaya hidup dari Uswitch.com, Ernest Doku, naiknya daya beli ponsel jadul bisa jadi karena berbagai faktor. Mulai dari nostalgia, untuk kebutuhan gaya fesyen yang klasik, atau untuk sekadar koleksi. Selain itu, saat ini ponsel pintar memiliki kekurangan dalam ketahanan, khususnya dalam hal daya baterai. Berbeda dengan ponsel jadul yang umumnya memiliki ketahanan baterai jauh lebih panjang karena tidak banyak memiliki fitur canggih. Ke depan, peningkatan jumlah pemilik ponsel jadul juga dipresiksi akan terus terjadi, khususnya pada warga perkotaan dengan mobilitas yang tinggi.

(Media Indonesia) 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.