twitter  
Profil  

Selasa, 29 Maret 2022 | 14:28 wib
Entrepreneur Cilik Lewat Budidaya Lemongrass
 

Kecil-kecil cabe rawit! Mungkin itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan gadis kecil ini. Ialah Ni Luh Gd Kt Keyva Richie Valerina Atmaja, gadis yang masih duduk di kelas 4 SD namun sudah menjadi pengusaha cilik lewat budidaya lemongrass atau serai. 

Keyva, panggilan akrabnya, merupakan siswi dari SDN Rungkut Menanggal 1/582. Pada Kamis (24/3/22) pagi, ia menjadi salah satu narasumber untuk acara Mama-mama Kreatif. Di sana, Keyva menceritakan tentang bisnis budidaya lemongrass miliknya. Ia terinspirasi dari sang ibu yang suka menggunakan serai untuk memasak. Dari hal itu, ia kemudian mencari informasi lewat YouTube tentang budidaya serai. Dibantu oleh sang ibu serta keluarganya, akhirnya ia memulai menanam serai sendiri. 

Keyva memiliki beberapa produk lemongrass, seperti minuman lemongrass, hand sanitizer lemongrass, dried lemongrass (serai kering), dan sabun lemongrass. Keyva mengaku bahwa pembuatan produk-produk tersebut terbilang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. 

Untuk pemasarannya, Keyva dibantu oleh sang ibu. Mereka memasarkannya ke tetangga, teman-teman sekolah, serta rekan-rekan kantor sang ibu. Keyva mengungkapkan bahwa produk yang paling laris adalah minuman lemongrass, karena kesegarannya. Harapannya kedepan, Keyva mengungkapkan, ia ingin bisa membuat Taman Edukasi Lemongrass.

(Naura Najhifa) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.