twitter  
Profil  

Sabtu, 11 Juni 2022 | 08:05 wib
Apa Tandanya Parfum Sudah Kadaluarsa?
 

Berbicara tentang parfum, kami temukan banyak fakta menarik dari para ahli. Pertama menurut pembuat parfum dan pendiri Eat. Sweat. Undress, Alexia P. Hammonds, seperti dikutip dari situs Huffpost, Kamis (9/6), menggunakan produk kosmetik terlalu lama, termasuk parfum dapat menyebabkan reaksi alergi dan peningkatan risiko infeksi bakteri. Hal tersebut tergantung pada variabel tertentu seperti botol, kualitas bahan, paparan cahaya, dan tempat penyimpanannya. Parfum bisa 'rusak' antara satu hingga 10 tahun. Dari waktu ke waktu, parfum cenderung mengalami proses yang disebut oksidasi, yakni reaksi kimia yang terjadi ketika zat tersebut terkena oksigen atau zat pengoksidasi lainnya.  

Kedua menurut Sarah McCartney, pembuat parfum dan rekan penulis “The Perfume Companion: The Definitive Guide to Choose Your Next Scent. Ada tiga alasan utama mengapa parfum menjadi buruk (tidak baik) yaitu cahaya, panas dan udara, khususnya oksigen. "Jika Anda tidak membuka parfum dan botolnya disegel dengan sempurna, itu bisa bertahan selama beberapa dekade," lanjutnya. Dia mencatat bahwa semakin banyak oksigen dalam botol, semakin cepat rusak.  Jadi, jika Anda telah menghabiskan lebih dari setengah botol, jangan mencoba menyimpannya untuk acara-acara khusus."Habiskan saja," ujar McCartney. 

Ketiga, menurut Terry Carter, kepala pembuat parfum di Travertine Spa, Inc, parfum dapat kehilangan potensi aroma wewangiannya, tetapi beberapa parfum dapat bertahan selama beberapa tahun. Disarankan agar parfum digunakan dalam dua hingga tiga tahun, tergantung pada komposisi bahan. Parfum biasanya tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, jadi Anda harus mengikuti naluri dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kapan botol pertama kali dibuka, bagaimana penyimpanannya, dan bahan apa yang dikandungnya. “Pastikan wangi parfumnya seperti sebelumnya. Seseorang dapat melakukan tes tempel untuk melihat apakah terjadi iritasi kulit," kata McCartney. 

Bagi orang yang sensitif terhadap wewangian, aroma tertentu juga dapat memicu sakit kepala dan masalah pernapasan, jadi perhatikan orang lain yang mungkin ada di sekitar Anda. 

Nah, bagaimana bisa tahu jika parfum yang kita miliki sudah tidak baik atau kadaluwarsa?

1. Warna 
Parfum yang sudah tidak baik biasanya akan berubah warna, menjadi lebih gelap karena faktor-faktor seperti paparan cahaya. Jika warna awalnya adalah rona emas yang indah dan setelah beberapa saat Anda menyadari bahwa itu menjadi lebih gelap, itu adalah firasat yang baik bahwa parfum telah memburuk dan tidak boleh dipakai.

2. Aroma 
Jika Anda tidak yakin dengan warna, uji aromanya dengan menyemprotkan parfum pada kertas karton atau kain atau apa pun yang berwarna terang. Parfum yang lebih tua aromanya bisa menjadi lebih kuat, tetapi telah kehilangan kesegarannya dan kualitasnya menjadi berbau tidak sedap. 

3. Jenis botol 
Disarankan untuk mempertimbangkan jenis botol. Untuk parfum dalam botol kaca, jika Anda melihat perubahan warna atau susunan kimiawi (terpisah atau partikel mengambang), segera buang. 

(Media Indonesia)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.