twitter  
Profil  

Senin, 20 Juni 2022 | 12:59 wib
Tips Merintis Bisnis Hijab dengan Brand Sendiri
 

Kalau Ibu ingin merintis bisnis hijab dengan brand sendiri, berikut ini beberapa tips yang bisa Ibu lakukan ya. 

1. Riset bahan dan model

Jika telah berkomitmen memulai usaha di bidang fashion, maka Ibu harus siap beradaptasi dengan perkembangan tren yang berubah dengan cepat. Lakukan riset untuk melihat model, warna, cara promosi dan harga hijab yang banyak diminati pasar. Nah, jilbab segi empat, pashmina, dan hijab instan menjadi tiga jenis produk yang bertahan lama di pasaran. Anda bisa memproduksi salah satu dari tiga jenis hijab tersebut sebagai produk utama. Agar produk Anda bisa bersaing dengan brand lain, riset bahan kain juga perlu dilakukan. Pengguna hijab tentu tidak hanya mempertimbangan model saja, tapi juga kenyamanan bahan saat dikenakan. Anda bisa pilih bahan katun, rayon, linen, dan sifon sebagai bahan utama produksi.

2. Siapkan modal usaha

Memulai usaha tidak selalu memerlukan modal besar. Usaha bisa dirintis dari skala kecil sesuai jumlah modal yang Anda miliki, seperti menjai reseller misalnya. Nah setelah arus kas bisnis berjalan lancar, Anda bisa mempertimbangkan pinjaman modal untuk memperbesar skala usaha. Dengan ketekunan dan kesabaran, laba menjadi reseller bisa Anda kumpulkan menjadi modal usaha membuka bisnis Anda sendiri.

3. Temukan supplier terbaik untuk produksi

Setelah modal dan konsep usaha Anda siap, mulailah mencari supplier kain untuk produksi hijab. Pemilihan supplier yang tepat bisa membantu Anda menekan biaya pengadaan bahan baku, sehingga Anda bisa membentuk harga produk yang bisa bersaing dengan brand-brand hijab lainnya.

4. Buatlah katalog produk berkualitas

Memiliki katalog produk yang jelas merupakan hal krusial untuk dimiliki oleh pelaku usaha yang baru mulai merintis. Katalog produk yang memperlihatkan detail warna dan produk dengan tampilan yang menarik dapat meningkatkan minat calon konsumen dalam memilih produk Anda. 

5. Pasarkan produk di marketplace
Berjualan di marketplace bisa menjadi pilihan untuk memulai pemasaran. Selain tidak memerlukan modal besar untuk membuka toko, berjualan di marketplace dinilai bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli sesuai target pasar Anda. Agar lebih mudah mengelola usaha, Anda bisa memanfaatkan layanan berbasis teknologi. Tidak perlu ragu memulai usaha Anda sendiri. Dengan rencana bisnis dan dukungan sistem yang tepat, usaha hijab yang Anda rintis bisa berkembang sesuai harapan.

(Tempo)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.