twitter  
Profil  

Selasa, 19 Juli 2022 | 13:11 wib
Antisipasi Empat Warna Ini Karena Pemikat Nyamuk
 

Para ahli telah menemukan fakta bahwa warna tertentu memengaruhi aktivitas nyamuk di rumah kita, artinya ide warna di rumah pun juga penting. Jika nyamuk dirasa banyak di rumah kita, selain menghilangkan genangan air dan menggunakan pengusir nyamuk, mungkin ada baiknya memperhatikan warna yang mereka sukai sehingga dapat menghindarinya untuk lebih mencegah nyamuk. Adapun 4 warna yang bisa diantisipasi : 
 
1. Hitam 

Ide ruang tamu hitam dan putih mungkin memiliki kualitas estetis, tetapi tentu juga memiliki daya tarik bagi nyamuk.  Sholom Rosenbloom, pemilik Rosenbloom Pest Control, mengemukakan bahwa ketertarikan itu berasal dari kebutuhan makhluk tersebut untuk menghindari sinar matahari langsung, karena paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian awal bagi nyamuk.

2. Biru Gelap

Dengan cara yang sama seperti hitam yang menarik nyamuk, warna gelap dan jenuh lainnya memiliki efek yang sama, termasuk warna biru tua.  Emma Grace Crumbley, seorang entomologis dengan Mosquito Squad, jasa pembasmi nyamuk dan serangga dari Amerika mengatakan bahwa biru tua dan warna serupa lainnya menarik bagi makhluk yang mendeteksi panas yang diserap dan ditahan oleh warna yang lebih gelap. Warna-warna ini begitu kuat sehingga para ilmuwan menggunakannya sebagai daya tarik ketika mengamati nyamuk dengan memasang perangkap nyamuk berwarna gelap.

3. Merah

Terlepas dari warna kulit, panjang gelombang merah terdeteksi oleh nyamuk, yang berarti merah adalah salah satu warna yang paling dicari oleh nyamuk.  Emma merujuk penelitian terkini yang menunjukkan bahwa paparan bau seperti karbon dioksida memicu ketertarikan nyamuk pada warna seperti merah, yang berarti mereka cenderung mengerumuni ide ruangan merah untuk mencari mangsa.

4. Oranye

Sama seperti warna merah yang disukai nyamuk, warna oranye memproyeksikan panjang gelombang yang sama dan juga menarik bagi makhluk itu. 

Namun, penting untuk diingat bahwa atraksi nyamuk menggabungkan penglihatan dan aroma.  

Lalu apa warna terbaik untuk menghentikan nyamuk?

Warna terbaik untuk mengusir nyamuk, menurut para peneliti di University of Washington, adalah putih, hijau, biru dan ungu.  Itu bukan karena nyamuk tidak menyukai warna-warna ini, tetapi karena mereka memantulkan panas dan cahaya, yang sebenarnya tidak disukai nyamuk, itulah sebabnya mereka mulai muncul saat senja.

(Media Indonesia)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.