twitter  
Profil  

Kamis, 04 Agustus 2022 | 13:20 wib
Gerakan 3M Cara Ampuh Antisipasi Demam Berdarah
 

Ibu, cuaca di Kota Surabaya cenderung tidak bisa ditebak, kadang panas, kadang tiba-tiba hujan. Meski cuaca tidak menentu ada baiknya tetap waspada dengan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang masih menjadi permasalahan masyarakat, khususnya di daerah padat penduduk.

“DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk. Pembawanya adalah nyamuk Aedes Aegepty. Nyamuk ini bisa terbang hingga radius 100 meter jauhnya,” jelas Dr. Sulistiawati, dr., M.Kes Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga saat menggelar diskusi bersama Kader di Kawasan Puskesmas Dupak terkait penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Sementara itu, cara paling efektif memberantas DBD bukan melalui fogging tapi dengan upaya 3M Plus. 3M Plus dinilai efektif dalam menekan perkembangbiakan nyamuk dengan memberantas sarang jentik-jentik.

Adapun 3M Plus antara lain mengubur, menguras, menutup, merombeng, mendaur ulang serta upaya pencegahan lain. Seperti menghindari menumpuk pakaian maupun sampah, mengisi bak mandi dengan ikan, menaburkan pembunuh jentik (abate) dan sebagainya. 

Selain 3M juga diperlukan  kekompakan warga dalam pemberantasan DBD. Pemberantasan DBD diperlukan kesadaran dan kerja bersama. Mulai dari warga, penggerak seperti lurah, perangkat desa, RT, RW serta kader kesehatan.  

“Rumah-rumah kosong juga harus dipantau jangan sampai menjadi sumber berkembang biak nyamuk. Dan ini kembali lagi menjadi tugas RT/RW sebagai penggerak warga,” pesannya. 

(Manda)

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.