twitter  
Profil  

Senin, 25 April 2022 | 15:31 wib
Keuangan Bengkak Karena Liburan? Big No
 

Siapa sih yang nggak suka liburan? Apalagi setelah hitungannya dua tahun kita di dalam pembatasan karena Covid19. Hanya saja, hore boleh cuman jangan sampai keuangan kebobolan. Dengan menghindari sejumlah hal berikut, seseorang bisa memiliki pengeluaran yang sesuai dengan anggaran liburan, dikutip dari laman Which. 

1. Membayar ekstra untuk kursi khusus di pesawat
Membayar biaya ekstra untuk duduk bersebelahan di pesawat merupakan kesalahan pertama. Beberapa maskapai penerbangan menerapkan biaya ini karena tahu ada orang-orang yang ingin duduk di area tertentu di pesawat. Akan tetapi, tanpa biaya ekstra pun, orang yang memesan tiket bersama biasanya mendapat kursi berdekatan.

2. Tidak menyewa mobil jauh-jauh hari
Kalau ingin melancong menggunakan mobil sewaan, disarankan memesan mobil sewa sekitar dua bulan sebelum liburan. Jeda waktu yang cukup lama memungkinkan pelancong untuk mendapatkan harga terbaik daripada menyewa saat tiba. Kalau ingin harga yang murah, pilih waktu pelesir di masa sepi (bukan musim liburan). Hindari opsi 'bayar pada saat kedatangan' dan pilih perusahaan persewaan kompeten yang tidak akan begitu saja membatalkan pesanan.

3. Tidak memperhitungkan nilai tukar
Yang mau berlibur ke luar negeri, dianjurkan untuk selalu melakukan transaksi dalam mata uang lokal. Tujuannya adalah untuk menghindari terkena nilai tukar yang lebih mahal akibat biaya transaksi nilai tukar. Jangan lupa juga sebelum pergi, cari tahu ketentuan kartu debit atau kartu kredit yang dimiliki.

4. Boros membeli tiket wisata
Kesalahan selanjutnya yang bisa membuat biaya berlibur membengkak adalah boros membeli tiket wisata tanpa mempertimbangkannya secara realistis. Sebelum memesan berbagai tiket wisata, sesuaikan dulu dengan rencana awal.

5. Ke tempat wisata saat musim liburan
Waktu berlibur ideal bagi yang ingin menghemat anggaran adalah di luar musim liburan pada umumnya. Selain lebih murah, perjalanan juga akan lebih nyaman dan bisa berkeliling ke tempat wisata dengan leluasa. Namun jika cermat, beberapa tempat wisata menawarkan tiket gratis atau potongan harga di waktu-waktu khusus.

(Republika) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.