twitter  
Profil  

Sabtu, 30 April 2022 | 08:12 wib
Anti Mabuk Mabuk Perjalanan Club Ketika Mudik
 

Mudik untuk bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman, memang menyenangkan. Namun di tengah-tengah suka cita mudik lebaran, beberapa orang ternyata juga memiliki permasalahan dengan mabuk perjalanan. Biasanya ditandai dengan gejala-gajala seperti keringat dingin, mual, pusing, rasa tidak nyaman di perut, bahkan bisa sampai muntah. Menurut Medical News Today, ketidakmampuan otak menerima pesan yang bertentangan dengan sistem sensorik seperti telinga, mata, dan sendi, menjadi penyebab mabuk perjalanan. Meski begitu memang ada beberapa penyebab lain yang ikut jadi pemicu mabuk perjalanan, misalnya membaca buku atau main smartphone di dalam kendaraan yang tengah melaju, sedang migrain, mengalami perubahan hormonal, dan juga gangguan telinga bagian dalam.

Nah, supaya mudik lebaran tetap nyaman dan Anda bisa tiba di tempat tujuan dengan fit, beberapa tips mengatasi mabuk perjalanan ini bisa Anda coba. 

Istirahat cukup
Persiapkan stamina Anda sebelum melakukan mudik, mulai dari cukup tidur serta konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Sementara jika mengalami gejala mabuk di perjalanan, coba pejamkan mata sejenak. Bila menggunakan mobil pribadi, Anda juga bisa berhenti sesaat di rest area untuk beristirahat sambil menghirup udara segar hingga keluhan Anda berkurang.

Hindari makan berat
Sebelum melakukan perjalanan lebih baik batasi makan makanan yang terlalu berat. Ini untuk mencegah agar rasa tidak nyaman di perut tidak terlalu mengganggu Anda selama di perjalanan. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih buah-buahan atau makanan ringan lainnya.

Cari posisi duduk yang nyaman
Selama di perjalanan cari posisi ternyaman untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan. Seperti misalnya pilih kursi yang memungkinkan Anda melihat pemandangan lebih jauh atau dekat jendela. Selain itu pastikan juga supaya Anda tidak duduk menghadap ke belakang atau samping.

Hirup aromaterapi atau bau yang menyegarkan
Aromaterapi maupun bau yang menyegarkan bisa mengurangi rasa mual dan tidak nyaman akibat mabuk perjalanan. Banyak pilihan yang tersedia mulai dari aroma kayu putih, rempah, atau lavender yang menenangkan. Anda bisa pilih aroma terapi dengan bau yang Anda sukai.

Hindari baca buku dan main gawai berlebihan
Baca buku serta bermain gawai selama di perjalanan juga menjadi salah satu penyebab seseorang mabuk perjalanan. Meski dapat menghilangkan bosan, tapi lebih baik hindari sementara dan mengalihkannya dengan menikmati pemandangan sekitar.

Minum obat mabuk perjalanan
Bila beberapa tips di atas belum mempan untuk mengurangi keluhan, Anda bisa mencoba untuk meminum obat mabuk perjalanan. Obat ini cukup mudah ditemukan di apotek terdekat. Supaya bekerja maksimal, minum obat mabuk perjalanan sebelum bepergian.

(Femina)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.