twitter  
Profil  

Sabtu, 30 April 2022 | 08:18 wib
Mau Halal Bi Halal? Cek Dulu Aturannya Ya
 

Meski memberi kelonggaran, pemerintah tetap mengatur aturan berkaitan dengan pelaksaan halal bi halal. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menerbitkan surat edaran (SE) terkait pembatasan jumlah tamu halal bi halal Lebaran 2022. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk pencegahan pelonjakan jumlah kasus COVID-19 setelah hari raya Lebaran 2022. 

1. Kegiatan halal bi halal disesuaikan dengan level daerah kabupaten/ kota yang ditetapkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM level 3, 2, dan 1 COVID-19 Jawa dan Bali. Kegiatan juga disesuaikan dengan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang PPKM level 3, 2, dan 1 COVID-19 wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang berlaku.
2. SE mengatur maksimal jumlah tamu yang dapat hadir pada acara halal bi halal adalah 50% dari kapasitas tempat untuk daerah yang masuk kategori PPKM level 3, 75% untuk daerah yang masuk kategori PPKM level 2, dan 100 persen untuk daerah yang masuk kategori PPKM level 1.
3. Kegiatan halal bi halal dengan jumlah di atas 100 orang, makanan/ minuman disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang dan tidak diperbolehkan ada makanan/minuman yang disajikan di tempat (prasmanan). 
4. Mendagri mengingatkan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan secara lebih ketat yang pengaturannya diatur lebih lanjut oleh pemerintah daerah dengan sekurang-kurangnya memakai masker, mencuci tangan/ menggunakan hand sanitizer secara berkala, serta menjaga jarak.

Karena sudah ada aturan dari pemerintah, maka kalau teman She berniat mengadakan halal bi halal dengan keluarga besar atau teman alumni sekolah dulu, hal yang perlu diketahui adalah level PPKM yang berlaku di daerah Anda. Selain itu, pastikan jumlah tamu dengan kapasitas ruangan atau gedung yang Anda sewa.

(Femina)

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.