twitter  
Profil  

Jumat, 13 Mei 2022 | 17:48 wib
Kenapa Tidak Disarankan Memecahkan Telur di Bibir Mangkuk?
 

Coba, kalau teman She mau menggoreng telur, memecahkan cangkangnya dimana? Di pinggir wajan? Pinggir mangkuk? Atau di media lainnya? Tahukah anda ternyata sebagian orang memecahkan cangkang telur dengan membenturkannya ke bibir mangkuk, permukaan keras, atau di wajan. Padahal cara itu bisa membuat serpihan cangkang telur jadi berantakan. Jika tidak ingin telur menjadi berantakan, coba pecahkan telur di atas meja datar. 

Menurut para chef dan lembaga memasak, teknik tersebut merupakan cara yang paling mudah untuk memecahkan telur dengan sempurna. Sebenarnya, tidak ada cara yang benar-benar salah, tetapi metode selain memecahkan di permukaan datar cenderung lebih berantakan. 

Adapun lembaga memasak yang sepakat dengan metode permukaan atau meja datar adalah America's Test Kitchen. Begitu juga para editor di Real Simple dan Reader's Digest yang menyebutnya sebagai cara terbaik memecahkan telur. Permukaan datar seperti meja lebih baik daripada tepi mangkuk, karena tepi mangkuk atau wajan yang tajam mendorong cangkang ke bagian dalam telur, meningkatkan risiko potongan kecil cangkang masuk ke cairan telur. 

Memecahkan telur langsung di atas mangkuk atau wajan juga meningkatkan kemungkinan pecahan cangkang jatuh ke dalamnya. Sebaliknya, meretakkan telur pada permukaan yang rata punya keuntungan tersendiri. Itu akan membuat membran telur tetap utuh, menempel pada bagian cangkang yang lepas.

(Republika)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.