twitter  
Profil  

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:06 wib
Membuat Bubur Kacang Hijau di Rumah
 

Di warung-warung makanan dekat rumah ataupun juga yang ada di pasar, pasti kita bisa dapatkan si bubur kacang hijau ini. Selain memang menjadi kuliner yang Indonesia banget, bubur ini cocok dimakan kapan saja, mau pagi hari sebagai sarapan, siang hari sebagai camilan, ataupun sebagai pengganjal perut saat lapar tengah malam. Secara kandungan gizi dan kesehatan, bubur kacang hijau punya banyak manfaat, misalnya sebagai sumber asam folat bagi perempuan ketika hamil dan menyusui. Kemudian, bisa untuk mengurangi anemia atau kekurangan darah, mencegah sembelit, memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, hingga mencegah depresi dan diabetes. Berbagai manfaat ini muncul karena kacang hijau punya kandungan kalori, lemak, natrium, kalium, serat, protein, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, magnesium, hingga zat besi. 

Dikutip dari buku "Masak Praktis dengan Panci Presto Lebih Hemat, Cepat, dan Lezat 25 Resep Hidangan Favorit Populer" karya Lili T Erwin, yang diterbitkan Gramedia (2009), ini dia cara membuat bubur kacang hijau dengan mudah bagi yang masih awam.

Bahan bubur kacang hijau yang diperlukan : 

-1/4 kilogram kacang hijau 
-500 sampai 750 ml santan instan 
-120 gram gula merah 
-120 gram gula pasir 
-1.000 ml air 
-2 lembar daun pandan 
-Jahe 
-Sedikit garam

Cara membuat bubur kacang hijau : 

1. Cuci bersih kacang hijau, pastikan bagian yang kurang baik harus terbuang. 
2. Rendam kacang hijau sampai empuk selama 1 jam
3. Terpisah, rebus air di panci hingga mendidih lalu masukkan kacang hijau yang sudah direndam tersebut sekitar 30 menit. Cek apakah sudah empuk (Kita bisa langsung merebus kacang hijau tanpa direndam, tapi harus direbus sampai lunak sekitar 1 jam) 
4. Sementara itu rebus air di panci terpisah lainnya, lalu masukkan ikat daun pandan, jahe, dan sedikit garam, aduk hingga merata selama 5 menit. Masukkan gula merah dan gula pasir lalu masak sampai mendidih dan gula larut selama 7 menit. 
6. Saring rebusan air gula tersebut, campurkan ke kacang hijau yang sedang direbus di panci lainnya
7. Tuangkan santan lalu aduk hingga merata dan matang sambil tes rasa kira-kira manisnya sudah cukup atau belum 
8. Selesai, angkat, pindah ke wadah saji. Bubur kacang hijau siap disantap. 

 (Media Indonesia) 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.