twitter  
Profil  

Kamis, 20 Januari 2022 | 13:56 wib
Miliki Botol Minum yang Bersih Anti Bakteri
 

Botol air minum yang jarang dicuci akan menjadi tempat kuman atau bakteri. Selain itu, saat dicuci pun terkadang beberapa bagian botol tidak dapat dijangkau sehingga tidak tercuci bersih. Tentu saja, botol minum memang harus dicuci secara rutin agar tidak ada pertumbuhan jamur dan bakteri. Dalam hal pembersihannya, apabila Anda kesulitan menjangkau dan membersihkan bagian bawah botol, Anda dapat menggunakan sikat botol untuk menjangkau dan menggosok bagian bawah botol dan yang lebih kecil untuk membersihkan tutupnya. Selain sikat botol, Anda juga dapat menggosoknya dengan sikat gigi khusus untuk pembersihan yang sangat dalam. Untuk membersihkannya, maka Anda dapat memilih bahan-bahan berikut : 

1. Sabun dan air
Donna Smallin Kuper, teknisi pembersih rumah bersertifikat IICRC dan penulis Cleaning Plain & Simple mengatakan bahwa mencuci dengan tangan dengan campuran sabun pencuci piring dan air panas adalah metode pembersihan yang aman dan efektif. Pastikan untuk mencuci dan mengeringkan dengan kain bersih (atau handuk kertas) untuk menghindari masuknya kembali bakteri atau serangga berbahaya lainnya. Buang air sabun ke seluruh botol, dengan cara yang sama seperti mencuci cangkir kopi atau gelas atau mug bekas lainnya. Jangan lupa memastikan untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di bagian bawah atau di dekat area tutup. Kemudian bilas dengan air untuk menghilangkan sisa sabun sebelum dikeringkan.

2. Cuka 
Sebotol cuka juga dapat mendisinfeksi botol air minum. Isi setengah botol dengan cuka putih, setengah lainnya dengan air. Pastikan Anda menggunakan sekitar 1/4 cangkir cuka. Tutup botol dan biarkan campuran airnya berputar-putar sebelum membiarkannya terendam. Biarkan semalaman dan bilas di pagi hari.

3. Hidrogen peroksida
Jika bagian dalam botol agak berlendir atau berbau, Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida tiga persen. Bersihkan botol dan tutupnya secara menyeluruh dengan sabun dan air dan bilas dengan air panas. Kemudian tuangkan sekitar 1/4 cangkir hidrogen peroksida ke dalam botol, ganti, dan tutup rapat. Kocok botol dengan kuat, lalu tuangkan hidrogen peroksida, dan bilas dengan air terakhir untuk memastikan semuanya hilang.

4. Tablet pembersih air 
Tablet pembersih air sangat mudah dilakukan. Isi botol Anda dengan air, masukkan tablet sesuai petunjuk pada kemasannya, dan diamkan setidaknya selama 30 menit. Kemudian cukup bilas botol.

(Media Indonesia)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.