twitter  
Profil  

Senin, 04 April 2022 | 10:31 wib
Jaga Kesehatan Gigi Selama Berpuasa
 
Treatment di salah satu ruangan negative pressure

Apabila Teman She tidak sikat gigi selama berpuasa, bisa bikin bahaya untuk kesehatan mulut dan gigi kita loh. Tapi tenang, Teman She tidak perlu khawatir tentang bagaimana menyikat gigi selama berpuasa penuh di bulan Ramadhan. Saat menjalankan ibadah puasa Teman She tetap bisa menyikat gigi setiap hari kok.

Dalam wawancara bersama drg. Tantri Wismayaning Radito, Spesialis Konservasi Gigi yang kami temui pada acara pembukaan Dental Clinic Mayapada Hospital, Senin (28/3) 2022, ia  menjelaskan bahwa waktu yang baik saat menyikat gigi saat berpuasa adalah waktu sebelum tidur dan saat sahur. 

“Sebenarnya sehari-hari kita sikat gigi itu boleh pakai obat kumur, itu boleh. Namun yang harus kita ingat adalah sebelum tidur kita harus sikat gigi dan setelah sahur.” jelasnya.

Drg. Maya menambahkan untuk menyikat gigi sebetulnya tidak dilakukan hanya saat mandi saja. “Kalau ngga puasa pun utamanya sikat gigi adalah habis sarapan, mau kerja dan mau tidur.” tambahnya.

Ia menceritakan, terkadang banyak orang memiliki persepsi bahwa berkunjung ke dokter gigi saat berpuasa, takutnya akan menyebabkan batalnya puasa. Sebetulnya hal yang dapat membatalkan puasa adalah jika pasien diberi injeksi cairan ke dalam tubuh, contohnya seperti cairan anestesi. Namun jika hanya berkumur saja, tidak akan membatalkan puasa. Yang terpenting adalah air kumur tersebut tidak tertelan. Hukum berkumur saat berpuasa sebenarnya adalah makruh. Hukum makruh sendiri artinya suatu perkara yang jika dilakukan tidak akan mendapat dosa, namun jika ditinggalkan akan mendapat pahala.

(Putri Wahyuni) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.