twitter  
Profil  

Rabu, 24 Mei 2023 | 12:35 wib
Surabaya Vaganza : Ada Parade Bunga dan Budaya Hingga Kirab Lampion
 

Ibu, acara tahunan yang selalu ditunggu-tunggu warga Surabaya hadir kembali, apalagi kalau bukan Surabaya Vaganza atau Parade Bunga dan Budaya dalam rangka  menyambut Hari Jadi ke -730 Kota Surabaya (HJKS).

Mengambil tema Puspawarni Indonesia yang berarti beraneka ragam jenis bunga dan budaya Indonesia. Agenda tahunan ini digelar pada tanggal 27 Mei 2023 dengan terbagi ke dalam dua sesi.

"Sesi pertama pada pukul 15.00-18.00 WIB, ada Parade Bunga dan Budaya, start dari Tugu Pahlawan dan finish di Alun-alun Balai Pemuda. Setelah itu pukul 18.00-22.00 WIB, ada Light Parade, start dari Jalan Tunjungan Siola dan finish di Balai Pemuda," kata Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Selasa (23/5/2023).

Wiwiek memaparkan, bahwa Parade Bunga dan Budaya akan disemarakkan dengan 19 mobil hias. Selain itu pula Flower Parade juga disemarakkan dengan 17 komunitas budaya dan 2 drumband. "Banyak sekali mobil hias dan komunitas budaya yang akan terlibat dalam Parade Bunga dan Budaya," ujarnya.

Sedangkan untuk Light Parade atau Parade Lampu dan Lampion, akan disemarakkan dengan 15 mobil hias, 5 komunitas dan 2 drumband. Di samping itu, Wiwiek menyebut, Light Parade akan diramaikan dengan pawai 7 unit Mobil Pemadam Kebakaran (PMK) dan 50 pelajar Surabaya.

"Jadi selain parade bunga, ada tampilan untuk lampu-lampunya. Nah, siapa saja yang terlibat, ada hotel, pengusaha di Surabaya hingga komunitas sepeda. Termasuk juga komunitas budaya masyarakat Bali, Nias dan sebagainya," katanya.

Wiwiek juga menyatakan, bahwa Surabaya Vaganza juga menjadi salah satu upaya pemkot dalam rangka men-trigger atau memantik industri pariwisata di Kota Pahlawan. Bagaimana mendorong industri pariwisata di Kota Surabaya ini bisa terus bergerak.

"Ini adalah bagian men-trigger industri pariwisata di Surabaya. Jadi kita tidak hanya sekadar bikin acara setelah itu selesai, tapi setelah itu bagaimana menjadi pemicu bahwa industri pariwisata bisa terus bergerak," jelasnya.

Rekayasa Lalu Lintas dan Penutupan Jalan 

 

Rencananya, Pemkot Surabaya akan menutup jalan dan pengalihan arus lalu lintas pada Jumat, 26 Mei 2023 mendatang. Penutupan dan pengalihan arus lalu lintas tersebut dilakukan untuk kelancaran berjalannya event Surabaya Vaganza 2023. 

Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya Soe Priyo Utomo mengatakan, penutupan jalan akan dilakukan pada 26 Mei 2023 mulai pukul 00.00 WIB, kemudian dibuka kembali 27 Mei 2023 pukul 23.00 WIB. Jalur yang ditutup mulai dari Jalan Pahlawan di kawasan Tugu Pahlawan hingga Jalan Gubernur Suryo depan Alun-alun Suroboyo dan Kantor OJK. 

(Manda)