twitter  
Profil  

Selasa, 17 Oktober 2023 | 15:29 wib
Nai Mong Hoi Tod : Kwetiau Seafood Asal Thailand
 

Menjelajahi makanan atau kulineran jadi salah satu aktivitas yang pastinya tidak akan ditinggalkan oleh masyarakat. Terutama makanan Asia Tenggara yang rasanya pasti sangat cocok dan familiar dengan lidah orang Indonesia. Buat Ibu yang suka kulineran, kami ingin merekomendasikan makanan dari negara gajah putih yaitu, Thailand. Makanan Thailand yang sering kita ketahui dan jumpai adalah tomyam dan mango sticky rice. Kali ini kami ingin merekomendasikan kepada Ibu salah satu dari makanan Thailand yaitu Nai Mong Hoi Tod. 

Nai Mong Hoi Tod merupakan makanan berat berupa oyster omelette (omlet tiram). Makanan ini berisikan topping utama yaitu tiram yang dibalut dengan adonan dasar, lalu juga terdapat sayur dan telur. Topping utama dari Nai Mong Hoi Tod sendiri menggunakan tiram, namun juga ada yang menggunakan cumi-cumi dan udang. Dari tampilannya, makanan ini mirip seperti kwetiau. Soal rasa, Ibu tidak perlu ragu untuk mencobanya. Ketika Ibu melahapnya rasa krispi, gurih dan pedas menyatu di mulut. Sangat rekomendasi sekali untuk Ibu mencoba makanan berat ini. 

Asal usul nama makanan ini mulanya dari pemilik pertama yang membuka depotnya di Thailand dengan nama “Nai Mong Hoi Tod”.  Kata “Hoi” yang memiliki arti tiram dan “Tod” adalah nama jalan di depot tersebut. Alasan mengapa diberi nama itu, karena sang pemilik depot adalah orang pertama yang menciptakannya. Sehingga nama “Nai Mong Hoi Tod” dicetuskan untuk tiram omelet ini. Sebenarnya makanan jenis seperti ini juga bisa dijumpai di beberapa negara Asia seperti Singapura, Taiwan dan Malaysia.

Pada dasarnya seafood adalah makanan yang tergolong membuat kolestrol menjadi tinggi. Namun ternyata, tiram adalah jenis makanan laut yang memiliki kadar kolestrol rendah. Kadar kolestrol yang terdapat pada tiram lebih rendah daripada daging, ayam dan kerang kecil. Bagi Ibu yang memiliki riwayat penyakit kolestrol, Ibu tak perlu ragu untuk mencoba makanan ini untuk sekali-sekali saja.  Jadi Ibu bisa tetap menikmati makanan enak dan sehat.

(Putri)