twitter  
Profil  

Senin, 29 Mei 2023 | 13:01 wib
Merayakan Ulang Tahun dengan Gelar Layanan Skrining Tumbuh Kembang dan USG Gratis
 

Sejalan dengan program pemerintah kota Surabaya yaitu ‘Zero Stunting’, dalam rangkaian perayaan ulang tahun ke-19nya, salah satu kolega kami Rumah Sakit Ibu dan Anak atau RSIA Lombok Dua Dua menggelar bakti sosial USG gratis dan skrining tumbuh kembang anak, Minggu (21/5/2023). 

Anak - anak berusia dibawah 5 tahun yang terindikasi masalah stunting mendapatkan skrining tumbuh kembang anak secara gratis. Sekitar 20 balita stunting yang bertempat tinggal di sekitar RSIA Lombok Dua Dua mendapatkan pelayanan tersebut. 

Bekerjasama dengan bidan dan kader kesehatan Puskesmas Ngagel Rejo, dokter spesialis anak yang berpraktek di RSIA Lombok Dua Dua melakukan berbagai tahapan skrining yang mencakup beberapa aspek, diantaranya fisik yaitu panjang badan, berat badan, lingkar kepala, aspek motorik kasar serta motorik halus hingga aspek berbahasa dan kognitif anak. Sehingga dokter akan memberikan rekomendasi untuk menyembuhkan dahulu penyebabnya. Melalui skrining tumbuh kembang pada balita stunting, RSIA Lombok Dua Dua juga berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya nutrisi yang seimbang, perawatan kesehatan yang berkualitas bagi ibu hamil, serta pemantauan tumbuh kembang anak sedari dini. 

RSIA Lombok Dua Dua juga dilibatkan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam menangani stunting sejalan dengan program pemerintah pusat 2025 Zero Stunting.  Bukan sekadar fasilitas kesehatannya saja, namun juga sebagai sponsorship atau memberikan bantuan berdasarkan data bayi stunting pada catatan puskesmas setempat. Berbekal data itulah, rumah sakit juga rutin memberikan asupan gizi seperti biskuit dan susu. Tahun ini program sudah berjalan sejak Februari. 

Pola hidup orang tua juga turut berpengaruh, seperti gizi maupun sanitasi. Sedangkan tingginya angka stunting di Surabaya sendiri bermula dari masalah sanitasi dan pola makan. Ciri stunting antara lain tinggi badan anak kurang atau lebih pendek dari teman-teman seusianya. Kemudian mudah terserang penyakit akibat infeksi atau virus seperti TBC. 

Skrining tumbuh kembang anak dan USG gratis ini merupakan rangkaian kegiatan yang berlangsung selama Mei 2023.

(Yosan)