twitter  
Profil  

Sabtu, 18 November 2023 | 08:06 wib
Persana Annual Show 2023 “Metamorfosa” Hadirkan Karya UKM Kualitas Premium
 

Pagelaran fashion show Persana (Perkumpulan Pengusaha Busana) Jawa Timur kembali diselenggarakan. Setelah sebelumnya terhenti akibat pandemi covid-19, kini pagelaran bertajuk Persana Annual Show digelar di atrium Grand City Surabaya, mulai 17 – 19 November 2023.

Bertemakan ‘Metamorfosa', kata Dameria Ambuwaru selaku Ketua Panitia Persana Annual Show 2023, tema ini bisa diartikan sebagai pelaku UKM perempuan yang tangguh dan siap bermetamorfosis di era endemik seperti saat ini.

“Metamorfosa juga diartikan sebagai perubahan konsep wastra yang bisa dipakai sehari-hari. Kain tradisional sepeti batik dan tenun kini bisa berubah menjadi busana harian,” kata Dameria saat kami temui di konferensi pers Annual Show Persana, Grand City Surabaya, Jumat (17/11).

Persana Annual Show 2023 menampilkan karya-karya UKM busana yang berkualitas premium dengan tren fashion terbaru di mana wastra atau kain yang memiliki pakem dan warna-warna tradisional, dipadukan dengan desain terkini.

 

“Sebuah gelaran yang menampilkan kepada dunia luar bahwa UKM Jatim mampu menghadirkan karya yang bernilai ekonomi tinggi,” kata Dameria.

Selain pagelaran busana, ajang kali ini juga diisi dengan bazar fashion dan aksesoris, bermacam lomba busana, serta talkshow interaktif tentang dunia mode.

 

“Kami juga memberi kesempatan teman-teman disabilitasuntuk memamerkan busana karya rancangan mereka di panggung utama, dengan model disabilitas yang juga memiliki talenta di bidang tersebut,” kata Dameria.

Soesi Soekotjo, ketua Persana Jatim, menambahkan Persana merupakan komunitas atau wadah berkumpulnya para pengusaha busana, baik fashion designer, produsen pakaian, maupun penyedia jasa garmen.

“Saat ini anggota kami mencapai 60 personil. Dan gelaran ini sekaligus sebagai sosialisasi dari perkumpulan yang masih baru ini,” kata Soesi.

Persana yang berdiri sejak 2017 ini berada di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda). Melalui acara ini diharapkan juga mampu merangkul pengusaha-pengusaha fashion untuk bergabung menjadi anggota.

(Yosan)