twitter  
Profil  

Kamis, 21 Maret 2024 | 11:23 wib
Daftar Negara Paling Bahagia di Asia 2024, Singapura Juara
 

Singapura menjadi negara paling bahagia di Asia tahun 2024, dan merupakan prestasi selama dua tahun berturut-turut. Dari Channel News Asia, Singapura menduduki peringkat ke-30 sebagai negara paling bahagia di dunia, dari total 143 negara yang disurvei. Namun demikian, Singapura sebenarnya turun lima posisi jika dibandingkan peringkat tahun lalu, karena pada tahun lalu, Singapura duduk di posisi ke-25. Berada di bawah Singapura, Taiwan dan Jepang duduk di peringkat kedua dan ketiga. Data negara paling bahagia di Asia 2024 ini didapat berdasarkan hasil World Happiness Report teranyar yang baru dirilis Rabu (20/3).

Tingkat kebahagiaan dinilai dari enam faktor kunci seperti angka PDB per kapita, dukungan sosial, harapan hidup sehat, kebebasan menentukan pilihan, kedermawanan, dan persepsi korupsi.

"Singapura memiliki kinerja yang sangat baik dalam hal PDB per kapita, salah satu peringkat tertinggi dalam kumpulan data kami," kata salah satu penulis dan editor World Happiness Report 2024 Shun Wang, mengutip CNBC. Selain itu, Singapura juga memiliki skor yang baik dalam faktor persepsi korupsi. "Terendah di antara semua negara dalam data kami," tambah Wang. Dengan demikian, pemerintah Singapura benar-benar 'bersih' dan menjalankan tugasnya lebih baik. Angka persepsi korupsi di Singapura bahkan lebih rendah dibandingkan Denmark atau Norwegia yang menempati urutan 10 besar di dunia.

Tak hanya itu, Singapura juga dinilai berhasil dalam meningkatkan angka harapan hidup masyarakatnya. Namun demikian, Singapura masih memiliki beberapa catatan yang kurang. Hal ini terkait dukungan sosial, kebebasan menentukan pilihan hidup, dan kedermawanan.

Berikut daftar negara paling bahagia di Asia 2024 :

1. Singapura
2. Taiwan
3. Jepang
4. Korea Selatan
5. Filipina
6. Vietnam
7. Thailand
8. Malaysia
9. China
10. Mongolia

(CNN Indonesia)