twitter  
Profil  

Omzet Jutaan Per Bulan Dari Iseng-iseng Buka Bisnis Makanan Rumahan
 

Pintar membaca peluang, kebutuhan pasar dan kreatif menjadi salah satu cara yang harus dimiliki ketika ingin membuka usaha, apalagi di tengah pandemi ini. Hal inilah kunci yang diyakini Purnama Sari Tampubolon ketika melaunching @Catering_rumahan_purnama pada 13 April 2020. 

Ide bisnis dimulai ketika Purnama mendapatkan tugas dari bosnya untuk memasak makanan ala menu warteg supaya bisa dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan. Lalu ketika dia membagikan makanannya tersebut, dia melihat ternyata masakan olahannya sendiri disukai banyak orang. Hingga di satu waktu, dia berpikir untuk membuka usaha makanan catering sendiri. Purnama pun mencoba untuk menawarkan masakannya ke beberapa teman kantornya serta beberapa teman dekatnya yang lain dan ternyata, masakan dia mendapat sambutan antusias dari teman-temannya. 

Dari starting yang sederhana, bahkan packaging makanannya pun cukup simple, dia mencoba untuk merubah usahnya mulai dari mempercantik packaging, membuat kartu nama hingga mendesain logo. Dengan adanya kartu nama, dia pun sering mendapatkan banyak pesanan hingga per bulannya Purnama berhasil mengumpulkan omzet hingga Rp 5 juta. 

Seiring berjalannya waktu, dia pun mulai menambah variasi menunya seperti puding, berbagai macam buah hingga variasi minuman. Ada juga paket catering bulanan hingga paket wedding

Saat ini Purnama dibantu hanya 4 temannya, masing-masing dari mereka memiliki tugas yang berbeda yaitu 2 orang sebagai cheff, sementara 2 orangnya lagi menghandle media sosial dan desain grafis.

Bagi Purnama membuka usaha memang benar-benar membutuhkan modal, namun lebih dari itu kata dia, mau bekerja keras, mau belajar dan memiliki tekat yang kuat jauh lebih penting jika memang ingin berkembang. 

"Intinya jika memang mau jadi orang maju yah memang harus banyak belajar, jangan pernah takut untuk mencoba semua hal termasuk membuka usaha di tengah pandemi," kata Purnama. 

INSPIRASHELAINNYA