twitter  
Profil  

Tetap Sehat Di Cuaca Tak Menentu Dengan Madu
 

Ibu, memasuki penghujung tahun, cuaca mulai tidak menentu. Terkadang panas, namun di lain hari hujan turun deras tanpa henti. Hal itu membuat kondisi tubuh menjadi kurang fit dan tubuh mudah terserang penyakit. Salah satu cara menjaga kesehatan keluarga adalah mengonsumsi makanan sehat, seperti madu. 

Madu merupakan alternatif pengganti gula, apalagi dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari saja sudah mengandung gula yang cukup tinggi, jadi madu dapat dipilih bagi Ibu yang sedang mengurangi gula untuk kesehatan. Tidak hanya sebagai pemanis pengganti gula, madu juga berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh sebagai multivitamin. Madu memiliki berbagai kandungan banyak mineral dan mengandung tujuh
vitamin B kompleks dan didalammya terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk imunitas tubuh. 

Madu memiliki banyak jenis, seperti yang dimiliki oleh salah satu UMKM Surabaya, Madu Sitani, yang memiliki berbagai jenis varian madu, diantaranya Madu Kaliandra, Madu Akasia, Madu Mangga, Madu Kopi, Madu Lengkeng, Madu Kelanceng, Madu Hutan, dan masih banyak lagi. Cara penyimpanannya pun berbeda-beda setiap madu, namun untuk standarnya memang disimpan di suhu ruang, karena beberapa madu tidak dapat disimpan di kulkas karena akan mengubah kekentalan madu itu sendiri. 

Cara penyajian madu pun beragam dan sesuai selera. Bisa disajikan sebagai topping roti atau pancake, diseduh dengan air atau teh, dicampur bersama jus atau smoothies, dan lain-lain. Jika Ibu ingin menyeduh madu menggunakan air, pastikan untuk tidak menggunakan air panas karena akan merusak kandungan madu. 

(Wawan – Madu Sitani, Alissa) 

INSPIRASILAINNYA