twitter  
Profil  

Optimisme Bisnis Kuliner Di 2021
 

Pandemi menghajar segala macam sektor termasuk sektor ekonomi, dimana bidang FnB salah satu yang terkena imbasnya. Lumpuh di awal namun bukan berarti lumpuh selamanya karena mengikuti perkembangan di tengah pandemi, muncul formula-formula baru untuk kembali optimis melanjutkan atau bahkan memulai bisnis kali ini di bidang kuliner. Setidaknya teman She, ada dua perkiraan konsep bisnis kuliner di 2021. 

1.Ghost Kitchen

Pertimbangan tidak makan di luar sebagai tindakan social distancing menjadi salah satu penyebab tumbangnya bisnis FnB. Namun, beberapa entrepreneur memutar strategi dan mengubah model bisnisnya dari restoran menjadi ghost restaurant atau ghost kitchen. Ghost kitchen dalah bisnis kuliner yang memproduksi makanan tapi tidak memiliki restoran untuk pelanggan makan di tempat dan mengandalkan layanan delivery. Ghost kitchen memiliki keuntungan karena tidak memerlukan modal sebesar restoran yang membutuhkan staff lebih banyak dan tempat atau bangunan yang luas tapi tetap membutuhkan sebuah managemen yang baik. Tidak melulu makanan siap saji, beberapa ghost kitchen bisa menawarkan meal kit yang mudah dimasak sendiri di rumah oleh konsumen. 
  
2.  Makanan Minuman ‘Lebih Sehat’ 

Hasil survey di Amerika Serikat menyatakan 64% persen masyarakat berkeinginan untuk makan lebih sehat dengan pandemi sebagai pemicunya. Menurut spoonshot.com, situs yang memperdiksi tren kuliner, memanfaatkan artificial intelegence dan ilmu pangan membuat kebiasaan konsumen bergeser. Diprediksi produk dengan versi ‘lebih sehat’ akan naik daun. Misalnya, minuman dengan versi rendah gula atau rendah kalori, susu yang memadukan susu sapi dengan susu nabati atau sosis less meat yang dicari untuk mengurangi konsumsi daging. 

INSPIRASHELAINNYA