twitter  
Profil  

Ide Bisnis Jual Beli Buku Bekas
 

Punya beberapa atau bahkan banyak buku namun sudah dibaca semua, lalu ingin beli lagi tapi dana terbatas karena harus irit dan harga buku impian mahal-mahal, bagaimana kalau kita perjual belikan teman She? Buku kita tidak mubadzir tergeletak di rumah begitu saja dan bisa dibaca orang lain yang membeli sekaligus kita dapat income untuk beli buku lainnya. 

Hal itulah yang dirasakan dan dijalankan oleh pengusaha jual buku bekas, Sucipto bersama usahanya yang dinamai Pustakaaa.

Untuk menjual buku bekas ke Pustakaaa caranya cukup mudah. Sucipto mengatakan penjual cukup mengirimkan foto buku via DM Instagram lalu dia akan memberikan penawaran harga per bukunya.

Syarat dan ketentuan untuk buku-buku yang diperjualbelikan : 
1. Segala jenis buku Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 
2. Harus buku original, bukan KW atau reprint
3. Buku tidak boleh rusak, robek, atau ada halaman yang hilang
4. Tidak menerima buku yang sudah ketinggalan zaman
5. Masih menerima buku yang kotor namun harga jualnya akan disesuaikan. 

Pustakaaa mengkategorikan kondisi buku ke dalam empat kategori yakni Like New, Very Good, Good, dan Acceptable. 

Setelah buku diterima dari penjual, Pustakaaa akan membersihkannya, termasuk penyemprotan disinfektan berupa alkohol 96 persen. Kemudian, buku akan dikemas ulang dengan mesin agar terlihat seperti baru.

Menurutnya, minat baca saat ini sedang meningkat, terlebih karena pandemi. Sucipto merasa banyak orang yang mengisi waktu luang dengan membaca di masa pandemi ini. Ke depan, Sucipto berencana untuk mengembangkan aplikasi IOS dan Android untuk mempermudah proses jual beli buku bekas.

Tertarik mencoba ide yang sama dengan sentuhan ala anda? Why not

INSPIRASHELAINNYA