twitter  
Profil  

Selasa, 14 Juni 2022 | 16:16 wib
Alternatif Pengganti Pembalut yang Ramah Lingkungan
 

Ibu, ternyata sampah pembalut di Indonesia bisa mencapai 26 ton dalam sehari lho. Dan untuk itu saatnya kita bertindak buat jadi agen penyelamat bumi dengan beralih ke alternatif pembalut ramah lingkungan. Nah, apa saja alternatifnya? Ini dia beberapa rekomendasinya. 

1. Menstrual cup 
Terbuat dari bahan silikon yang aman dan bebas bahan kimia. Salah satu alternatif yang baik karena bisa digunakan selama 5-10 tahun. 

2. Menstrual disc
Dikutip dari Healthline, menstrual disc merupakan pengembangan dari menstrual cup. Keduanya memiliki kemiripan, yakni sama-sama dimasukkan ke vagina untuk menampung darah saat menstruasi. Menstrual disc memiliki bentuk seperti huruf O, yang menampung darah di bagian serviks dan dapat digunakan bertahun-tahun. 

3. Period panties 
Dikutip dari Healthshots, perioed panties bisa dicuci dan digunakan kembali selama dua tahun. Celana ini juga aman karena terdiri dari dua lapis bahan yang bisa menjaga daerah organ intim perempuan tetap kering karena penyerapan darah yang baik. 

4. Pembalut kain 
Alternatif yang ekonomis ini lebih nyaman digunakan dan tidak berbahaya untuk kulit disekitar area organ intim perempuan. Dibandingkan pembalut sekali pakai, pembalut kain lebih minim menimbulkan reaksi alergi. 

Bagaiman Ibu, ada yang sudah mulai pakai alternatif pembalut belum? 

(Kumparan Woman) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.