twitter  
Profil  

Sabtu, 27 Agustus 2022 | 07:40 wib
Catat! Ini Menu Pantangan Penderita Diabetes

Ibu, adakah di keluarga Anda yang menderita diabetes? Kalau ada, harus dijaga konsumsi makanan serta gaya hidup, agar tidak berisiko tinggi terhadap gejala diabetes. Agar jauh dari resikonya, chef Ary Putra Culinary Art Chef Lecturer Ottimo Internasional membagikan jenis makanan yang harus diperhatikan, dalam kegiatan cooking workshop ‘Nusantara Dish’  bagi keluarga dan penyintas TBC kota Surabaya, Selasa (22/8/2022) bersama Dinas Kesehatan Kota Surabaya, serta organisasi REKAT. 

 

1. Santan
Sajian opor, lodeh, hingga rendang memang menawarkan kenikmatan, namun jenis makanan seperti ini adalah faktor pencetus terjadinya kenaikan berat badan dalam periode singkat. “Sebaiknya membatasi hidangan bersantan jangan sampai kita jatuh pada makanan tinggi lemak. Bukan tidak boleh, tapi harus dibatasi,” kata Chef Ary.

2. Gorengan 
Kentang goreng, hingga keripik kentang kemasan memiliki kandungan lemak trans yang menjadi pantang bagi penderita diabetes. Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat tinggi dari kentang dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga menjadi pantangan diabetes. 

3. Sambal
Bukan masalah rasa pedasnya yang bikin batuk,  tapi penambahan gula dan garam di dalamnya yang berlebihan itu juga yang harus diwaspadai. 

4. Buah-buahan kadar gula tinggi 
Penderita diabetes sebaiknya menghindari  buah-buahan yang mengandung kadar gula tinggi seperti, semangka, kurma kering, nanas pisang yang terlalu matang. 

(Manda) 

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.