twitter  
Profil  

Senin, 14 Agustus 2023 | 15:45 wib
4 Bahan Ini Bisa Hilangkan Bau Amis Ikan
 

Enggan masak ikan karena bau amis? Ibu, tidak usah khawatir karena Chef Sunari, Chef Food and Beverage Swiss-Belinn Airport Surabaya punya cara jitu mengusir bau amis dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Baca yuk tips berikut ini : 

Garam
Bumbu dapur yang pasti selalu ada yaitu garam. Taburkan garam di atas ikan, garam mampu mengurangi aktivitas air di dalam tubuh ikan membuat bakteri yang menempel pada ikan mengalami dehidrasi sehingga mengalami kematian atau pertumbuhannya terhambat. Ini bisa mengurangi bau tak sedap pada ikan akibat proses pembusukan. 

Bumbu Rempah 
Empon-empon alias rempah juga bisa menghilangkan bau yang tidak sedap. Beberapa jenis rempah-rempah yang bisa mengusir amis, ketumbar, kunyit,  jahe dan bawang putih. Selain mengurangi bau amis, rempah-rempah ini juga bisa meningkatkan rasa makin gurih. 

Cuka 
Cuka tidak hanya sebagai bumbu acar saja karena rasa asamnya juga bisa mengurangi bau amis. Plusnya lagi, penambahan cuka pada ikan yang mau digoreng akan membuat tekstur ikan lebih bagus. 

Jeruk Nipis
Bahan yang satu ini mudah ditemukan di pasar, rasa kecut-kecut segar selain mengusir amis juga menambah sedap jika diperas di atas ikan. Caranya, rendam ikan ke dalam jeruk nipis selama 20–30 menit kemudian bilas ikan beri bumbu dan perasan air jeruk nipis, siap untuk dimasak. 

(Manda)